Alergi adalah suatu sistem kekebalan tubuh yang merespon hal-hal berbahaya bagi tubuh. Namun karena adanya reaksi tubuh yang berlebihan maka hal yang sebenarnya tidak berbahaya akan dianggap membahayakan tubuh juga, misalnya apa yang terjaid dengan alergi dingin. Ketika seseorang berada di tempat atau ruangan yang memiliki suhu lebih dingin tanpa menggunakan jaket atau baju hangat, keadaan tesebut akan memicu terjadinya alergi misalnya dengan muncul gejala flu seperti bersin-bersin dan hidung tersumbat. Hal lain yang juga sering muncul adalah gatal-gatal.

Ada beberapa cara untuk mengatasi alergi dingin:

  1. Mengenakan pakaian hangat seperti jaket atau sweater, sarung tangan dan kaos kaki agar suhu tubuh tetap hangat.
  2. Minumlah air hangat, begitu juga ketika mandi, gunakan pula air hangat untuk membasuh tubuh.
  3. Jika terjadi gatal-gatal, gunakan bedak dingin atau lotion yang bisa mengurangi rasa gatal.
  4. Perbanyak istirahat.
  5. Lakukan olahraga ringan secara rutin.
  6. Mengonsumsi vitamin C agar daya tahan tubuh tetap terjaga dan meningkat.

Selain melakukan beberapa cara diatas, ada beberapa ramuan tradisional untuk mangatasi atau mengobati alergi dingin:

  • Daun sirih
    Siapkan6 lembar daun sirih, 1 potong jahe kuning dan 1 ½ sendok minyak kayu putih. Haluskan semua bahan dengan cara ditumbuk hingga halus dan gunakan untuk menggosok bagian tubuh yang gatal karena alergi dingin.
  • Daun kelor                                                                                                                                                                                                                   Daun kelor juga dipercaya bisa menyembuhkan alergi dingin dengan cara merebus beberapa lembar daun kelor dengan 1 siung bawang merah dan adas pulosari dalam 3 gelas air. Rebus hingga mendidih hingga tersisa 2 gelas, lalu saring. Minum air rebusan tersebut 2 kali sehari setiap pagi dan sore sebanyak satu gelas.

Tips lain bagi Anda yang mudah terserang alergi dingin, sebaiknya selalu membawa obat alergi dingin Anda kemanapun Anda bepergian sebagai pertolongan pertama jika suatu saat alergi tersebut datang menyerang. Bawalah juga selalu pakaian hangat, bedak anti-gatal dan air hangat.

Anda suka dengan artikel Obat Tradisional Alergi Dingin ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Obat Tradisional Alergi Dingin" :

Ditulis dalam Kategori Cara Mengobati.