Ada yang tidak tahu dengan kue cucur? Salah satu kue tradisional Indonesia ini merupakan penganan ringan sebagai hidangan pembuka ataupun hidangan penutup dalam suatu jamuan makan. Selain itu, kue cucur juga bisa menjadi pengganti cemilan, disantap sambil minum the atau kopi saat bersantai. Kue ini memang cukup banyak diminati masyarakat Indonesia, karena rasanya yang manis, enak dan gurih, serta harganya yang sangat murah.

Sayangnya, kue cucur saat ini sudah cukup sulit untuk ditemukan. Tapi, tenang saja, Anda juga bisa membuatnya sendiri. Cara membuat kue cucur sangatlah sederhana, dan tidak butuh waktu yang lama. Untuk membuat kue tradisional ini, Anda hanya perlu menggorengnya saja. Hasilnya, berupa kue kering yang krispi berbentuk bulat dan bundar seperti bulan. Selain itu, ada pula kue cucur basah yang lebih lembut dan empuk di bagian tengahnya,

Sebelum membuat kue cucur ini, Anda perlu mempersiapkan beberapa bahan, mulai dari tepung beras sebanyak 300 gram, tepung terigu 50 gram, gula merah yang sudah disisir halus sebanyak 250 gram, dan daun pandan yang sudah disuwir dan diikat simpul sebanyak tiga lembar. Kemudian, sediakan juga kayu manis bubuk atau cinnamon satu sendok teh, garam setengah sendok teh, air 550 ml atau santan agar lebih gurih, dan minyak untuk menggoreng.

Selanjutnya, kita akan memulai cara membuat kue cucur ini. Berikut caranya:

  1. Panaskan air, gula merah, daun pandan, dan kayu manis ke dalam panci hingga larut.
  2. Setelah itu, angkat dan saring larutan tersebut, buang ampasnya, dan pisahkan sampai dingin.
  3. Campurkan tepung beras dan tepung terigu ditambah garam ke dalam mangkok, lalu diaduk dengan sebagian dari larutan air gula tadi hingga merata.
  4. Agar adonan tersebut jadi lembut, tepuk-tepuk dengan tangan sekitar 25 menit.
  5. Kemudian, masukkan lagi sisa larutan gula tadi, dan lanjutkan dengan menepuk-nepuk adonan tersebut hingga terasa lebih ringan.
  6. Sembari menunggu adonannya siap, panaskan terlebih dahulu wajan kecil berisi 50 ml minyak goring dengan api sedang.
  7. Setelah cukup panas, tuangkan sekitar 30 ml adonan atau satu sendok sayur adonan ke dalam wajan, dan tunggu sampai matang hingga terbentuk seperti renda di sekeliling kue.
  8. Siram-siramkan juga minyak panas ke bagian tengah adonan tersebut, sambil menusuk-nusuknya dengan lidi agar adonan di bagian tengah juga ikut matang.
  9. Selanjutnya, angkat adonan matang yang sudah menjadi kue, dan tiriskan.
  10. Lalu, lanjutkan lagi memasak adonan tersebut seperti langkah-langkah di atas.

Anda suka dengan artikel Cara Membuat Kue Cucur ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Doa Agar Dimudahkan Jodoh. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Membuat Kue Cucur" :