Mandi wajib merupakan salah satu cara untuk membersihkan diri dari hadas besar (janabat). Mandi wajib biasanya dilakukan oleh wnita seusai menstruasi namun ternyata mandi wajib tidak hanya dapat dilakukan oleh wanita saja namun pria pun juga dapat melakukannya. Cara mandi wajib bagi laki-laki adalah :

1. Niat

Untuk niat, tidak harus diucapkan. Cukup dalam hati saja berniat untuk menghilangkan hadas besar.

2. Mengalirkan air pada seluruh anggota tubuh

Untuk membersihkan hadas besar, ada baiknya mengikuti cara rasulullah seperti yang banyak diriwayatkan oleh beberapa hadist :

1. Basuhlah kedua telapak tangan sebanyak tiga kali sebelum mulai mandi.

2. Basuhlah kemaluan

3. Sebelum menyiramkan air ke seluruh tubuh, ada baiknya berwudhu terlebih dahulu

4. Basuh kepala sebanyak tiga kali. Lakukan sembari memasukkan air dengan jari tangan ke sela rambut hingga kulit kepala basah

5. Siramlah air ke seluruh tubuh. Mulailah dari sisi kanan terlebih dahul, barulah dilanjutkan sisi kiri. Gosoklah bagian yang tidak mudah untuk dimasuki air seperti ketiak, dalam telinga, sela jari kaki, bawah lengan, dan lekukan tubuh lainnya.

Bagi laki-laki, selain mandi wajib disunahkan juga untuk mandi sunnah. Walaupun bersifat sunnah namun, mandi ini sangat baik dilakukan karena tubuh akan selalu besih dan suci. Mandi yang bersifat sunnah adalah :

1. Mandi pada hari Jum’at, idul adha dan idul fitri. Mandi sangat dianjurkan bagi yang akan mengunjungi tempat shalat karena pada saat itulah semua orang berkumpul dalam keadaan bersih serta rapi. Bahkan kita dianjurkan untuk memakai wangi-wangian agar bau kurang sedap yang dapat mengganggu prose ibadah dapat hilang. Mandi disunahkan dilakukan sebelum menuju tempat shalat.

2. Setelah memandikan mayat

3. Saat hendak memulai ihran untuk keperluan haji atau umroh.

4. Ketika menuju padang arafah

5. Ketika memasuki kota Mekkah

Itulah tata cara mandi wajib bagi laki-laki serta mandi sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Semoga bermanfaat .

Anda suka dengan artikel Cara Mandi Wajib Yang Benar Bagi Laki-Laki ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Membuat Kue Cucur. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Mandi Wajib Yang Benar Bagi Laki-Laki" :

Ditulis dalam Kategori Blog.