Hipertensi biasanya di kenal juga sebagai penyakit darah tinggi atau tekanan darah tinggi. Penyakit ini merupakan pembunuh secara perlahan ( silent killer ) yang bisa mengakibatkan penderitanya menderita penyakit lain yang lebih berbahaya seperti stroke atau ateroskleriosis, penyakit jantung, diabetes, gagal ginjal dan berbagai penyakit berbahaya lainnya. Oleh karena itu, tekanan darah harus di ukur secara rutin agar bisa mengetahui apakah kita memiliki tekanan darah tinggi ataupun penyakit darah rendah ( anemia ).

Jika Anda sudah divonis memiliki gejala tekanan darah tinggi atau hipertensi, maka biasanya dokter akan memberikan obat penurun darah atau pengendali tekanan darah yang harus terus menerus dikonsumsi secara rutin. Obat – obatan tersebut mempunyai efek samping yang berbahaya, antara lain bisa berakibat fatal, berupa gagal jantung.

Tanda – tanda penyakit hipertensi
1.    Kepala terasa panas dan pusing
2.    Memiliki tekanan darah lebih dari 140 / 90
3.    Merasa lelah dan sesak nafas
4.    Emosi yang meningkat
5.    Terkadang jika tekanan darah terlalu tinggi maka penderita bisa pingsan

Penyebab penyakit hipertensi

  • Banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kadar garam yang tinggi
  • Mengalami kelebihan berat badan atau obesitas ( kegemukan )
  • Faktor keturunan, keluarga yang mempunyai riwayat darah tinggi, anggota keluarga pun memiliki kecenderungan yang lebih tinggi atau mengalami hipertensi daripada anggota keluarga yang tidak memiliki riwayat hipertensi
  • Usia, semakin bertambah usia, maka resiko ubtuk mengalami hipertensi semakin tinggi
  • Terlalu stres
  • Kurangnya beraktifitas fisik atau berolahraga

Cara Mencegah Penyakit Hipertensi

  1. Menghindari konsumsi rokok dan alkohol
  2. Membatasi mengonsumsi makanan yang mengandung garam serta yang kaya natrium
  3. Berolahraga secara teratur
  4. Menjaga kestabilan berat badan Anda
  5. Perbanyak mengonsumsi sayuran dan buah – buahan yang kaya kalium untuk mengimbangi natrium dalam tubuh. Seperti  mengkudu dan buah naga, tomat, buah beri, jeruk, sayuran hijau, pisang, kurma, melon, pepaya. Hal tersebut dapat menstabilkan tekanan darah Anda.

Anda suka dengan artikel Penyebab Hipertensi Dan Cara Mengatasinya ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Sakit Kepala Bagian Belakang? Ketahui Penyebabnya Dan Cegah Sebelum Mengobati!. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Penyebab Hipertensi Dan Cara Mengatasinya" :

Ditulis dalam Kategori Cara Mengatasi.