Berwudhu adalah hal yang perlu dilakukan sebelum shalat dilakukan. Berwudhu harus dilakukan dengan benar karena berwudhu merupakan kunci sahnya shalat. Nah bagaimana tata cara berwudhu yang benar?

1. Berdo’a terlebih dahulu sebelum berwudhu.

Bacaan do’a sebelum berwudhu adalah “Allahummaghfir lii dzanbii, wawassi lii fii daarii, wabaarik li fii rizqii” kemudian basuhlah kedua telapak tangan sebanyak tiga kali sembari membaca basmalah. Cucilah kedua telapak tangan kanan dan kiri hingga bersih dari kotoran serta najis baik yang tampak maupun tidak.

2. Setelah itu bersihkan mulut dan hidung sebanyak tiga kali. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian lubang hidung.

3. Kemudian basuhlah muka sebanyak tiga kali dan ucapkanlah do’a niat berwudhu yaitu “Nawaitul wudhuu-a liraf’ll hadatsil ashghari fardhal lilaahi ta’aalaa”. Basuh dan usaplah muka hingga terasa bersih.

4. Setelah itu bersihkan tangan kiri dan kanan. Dimulai dari ujung jari hingga batas siku. Lakukan sebanyak tiga kali.

5. Usaplah kepala mulai dari dahi hingga batas rambut bagian atas. Lakukan juga sebanyak tiga kali.

6. Bersihkan kedua daun telinga dri bawah menuju bagian atas.

7. Selanjutnya cucilah kaki secara merata dari ujung kaki hingga mata kaki.

8. Setelah itu, bacalah do’a selesai berwudhu. “Asyhadu allaa ilaaha illallaah, wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna mUhammadan ‘abduhu wa Rasuuluhu. Allahumma j’alnii minat tawwabiina, waj’alnii minal mutathahiriina waj’alnii min ‘ibaadikash shalihiina.”

Berwudhu selain merupakan syarat sah nya shalat ternyata banyak sekali manfaat yang akan didapatkan ketika anda berwudhu. Berwudhu sangat berguna untuk membersihkan kuli yang merupakan organ terbesar di tubuh kita.Kulit ini berperan besar dalam melindungi tubuh dari apapran radiasi, kuman, dan racun. Kulit juga berfungsi untuk mengatur suhu tubuh dan juga tempat dibuangnya zat yang tak berguna.

Oleh karena itu, kulit harus selalu dijaga. Salah satunya adalah dengan berwudhu. Berwudhu berfungsi untuk meremajakan kulit agar tidak kiering karena kulit kering akan berbahaya bagi kesehatan.

Anda suka dengan artikel Tata Cara Berwudhu Yang Benar ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Langkah-Langkah Membentuk Otot Lengan. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Tata Cara Berwudhu Yang Benar" :

Ditulis dalam Kategori Blog. Rpp cara berwudhu,