Wanita merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang sangat mengagumkan namun rapuh, dan rentan – khususnya terhadap penyakit. Menjadi seorang wanita merupakan takdir yang penuh dengan resiko dan harus sangat berhati-hati, mengingat bagaimana mayoritas dari wanita yang begitu menganggap kosmetik adalah kekasihnya, bagian hidupnya, atau belahan jiwanya. Mayoritas wanita akan merasa gelisah apabila ada salah satu perangkat kosmetiknya yang tidak menampakkan dirinya dari dalam tas. Tanpa mereka sadari, kosmetik-kosmetik yang setiap hari selalu menghiasi penampilannya tersebut dapat menyebabkan resiko terkena penyakit.

Mendengar rangkaian kata seperti ‘kanker payudara’ atau yang disebut cancer invasive ductal carcinoma dalam dunia kedokteran, otak pasti akan langsung memberi gambaran betapa wanita adalah makhluk yang rentan akan penyakit, mengingat betapa payudara adalah salah satu organ luar yang penting dalam hal penampilan, ataupun dalam hal rumah tangga. Sedikit saja kecerobohan dalam memilih kosmetik, dapat menjadi penyebab kanker payudara dan merubah hasil akhir dari tujuan wanita untuk mempercantik dirinya, menjadi membahayakan dirinya sendiri.

Kanker sendiri didefinisikan sebagai sel yang tidak dapat mengendalikan dirinya dan berakhir dengan pertumbuhan sel yang tak terkendali. Kanker payudara merupakan penyakit dengan jumlah penderita paling banyak nomor 2 di dunia setelah kanker serviks. Tidak hanya pada wanita, namun kanker payudara juga dapat menyerang laki-laki – namun dengan perbandingan yang sangat rendah, yaitu 1 : 1.000.

Penyebab kanker payudara sendiri merupakan hal-hal yang terkadang tidak disadari para wanita, namun ada juga yang merupakan akibat dari kecerobohan wanita itu sendiri. Berikut faktor- faktor penyebab kanker payudara :

  1. Faktor genetik, merupakan penyebab kanker payudara yang paling sulit dihindari, bagaimana tidak? Bayangkan jika seseorang memiliki garis keturunan kanker payudara dari keluarganya, sedikit saja kecerobohan yang dibuatnya, ia akan berakhir dengan kanker payudara.
  2. Pola makan yang tidak sehat. Jika dipikirkan, pola makan yang tidak sehat tidak hanya menjadi penyebab kanker payudara, tapi juga menjadi perangsang penyakit-penyakit lainnya.
  3. Radiasi. Paparan radiasi yang diterima payudara ketika masih di masa remaja atau kanak-kanak, dapat menjadi penyebab timbulnya kanker payudara.
  4. Terapi hormon postmenopausal, yaitu terapi yang merangsang hormon estrogen dan progesterone dalam tubuh demi mencegah menopause .
  5. Kebiasaaan minum minuma keras/ alkhohol. Seperti halnya pola makan yang tidak sehat, minuman berakhohol juga terbukti menjadi salah satu penyebab berbagai penyakit, termasuk kanker payudara.

Wanita merupakan makhluk ciptaan-Nya yang indah nan cantik bahkan jika tanpa kosmetik yang menyelubungi penampilan mereka. Pemakaian kosmetik bukanlah hal yang salah, akan tetapi ada baiknya jika pemakaiannya tetap berada di dalam batas wajar. Pemakaian kosmetik yang salah dan berlebihan tidak hanya dapat menyebabkan kanker payudara, namun juga penyakit-penyakit berbahaya lainnya.

Anda suka dengan artikel Wanita, Makhluk Indah Nan Rapuh ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Tata Cara Berwudhu Yang Benar. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Wanita, Makhluk Indah Nan Rapuh" :

Ditulis dalam Kategori Wanita. akibat dari kecerobohan sendiri,