Sayur lodeh merupakan sayur yang sangat menggairahkan untuk di santap bersama dengan beragam makanan lain nya, rasanya yang gurih dan lezat karena campuran santan dan sayur nya selalu membuat perut keroncongan. Ada beberapa macam sayur lodeh yang sering kita lihat, dilihat dari warna , ada sayur lodeh yang berwarna merah atau kuning keemasan dan ada juga sayur lodeh yang berwarna putih, ini tergantung dari komposisi bahan yang ada didalamnya, dimulai dari sayur lodeh yang sederhana dan mudah dibuat hingga sayur lodeh yang sangat istimewa dan membutuhkan banyak bahan-bahan, disini saya akan memberi resep memasak sayur lodeh yang sederhana namun tetap istimewa, untuk anda coba dirumah masing masing, dan tidak membutuhkan banyak bahan-bahan.

Pertama-tama yang kita lakukan adalah mempersiapkan bahan-bahan yang kita butuhkan, seperti bahan sayuran yaitu : labu siam yang dipotong-potong, terong ungu dipotong-potong, kacang panjang dipotong-potong dan tempe yang dipotong-potong. Bumbu yang dihaluskan : ebi kering (setelah direndam air panas dan dalam keadaan empuk) bawang putih, bawang merah, kemiri, terasi, kencur, ketumbar, garam. Bumbu lainnya yang tdak di haluskan : lengkuas yang diiris tipis, daun salam, cabe merah, cabe hijau, daun bawang, gula jawa atau gula pasir, minyak sayur untuk menumis, santan kental dan air.

Cara memasak : panaskan minyak sayur dalam wajan yang berukuran sedang, masukan bumbu yang sudah dihaluskan, tumis hingga matang dan warnanya kekuningan, lalu masukan bumbu lainnya yang tidak dihaluskan, tumis dan biarkan sejenak hingga wangi. Kemudian masukan semua bahan sayuran yang telah dipotong-potong dan tambahkan air serta santan kental. Masak hingga sayuran matang dan empuk, tambahkan penyedap rasa bila anda rasa kurang mantap. Sayur lodeh pun siap disajikan, akan lebih nikmat bila disantap dalam keadaan panas dan disajikan dengan sambal dan teri.

Itulah resep sederhana cara membuat sayur lodeh, dengan rasa yang istimewa, sangat mudah bukan ? dan dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga anda. selamat mencoba, dan semoga dapat mebantu anda yang sedang belajar memasak.

Anda suka dengan artikel Cara Memasak Sayur Lodeh ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Daftar Internet Banking BCA. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Memasak Sayur Lodeh" :

Ditulis dalam Kategori Cara Membuat.