Siomay merupakan salah satu makanan tradisional khas dari Bandung, Jawa Barat. Uniknya, makanan ini malah sudah tersebar di banyak wilayah di Tanah Air, sehingga sangat mudah ditemukan orang yang menjualnya. Apalagi, makanan yang memiliki rasa enak dan manis yang bercampur dengan rasa pedas ini, juga sangat digemari oleh banyak orang di Indonesia. Oleh karena itu pula, siomay Bandung sangat cocok sebagai hidangan ringan di rumah.

Nah, jika malas membeli siomay Bandung ini, Anda juga bisa membuatnya sendiri. Cara membuat siomay Bandung ini sangat mudah. Tapi, sebelum mulai membuatnya, ada beberapa bahan yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu, yaitu 350 gram daging udang, 250 gram ayam cincang, 100 gram tepung kanji, 1 butir telur yang sudah dikocok, 3 siung bawang putih, 1 sendok makan minyak wijen, 1 sendok teh garam, dan 1/2 sendok teh merica bubuk.

Kemudian, bahan dasar untuk membuat kulit siomay ini adalah 10 lembar kulit pangsit, atau bisa juga menggunakan tahu, kentang, telur, dan pare. Sedangkan bahan untuk sambalnya, berupa 150 gram kacang tanah dan 50 gram kemiri yang sudah disangrai, 2 siung bawang putih, 2 buah cabai merah, 1 sendok makan cuka, 1/2 sendok makan garam, 2 sendok makan gula pasir, dan 100 cc air matang.

Setelah semua bahan siap, saatnya untuk mulai cara membuat siomay Bandung.

  1. Untuk membuat adonannya, campurkan semua bahan di atas menggunakan food processor atau pulse, hingga merata tapi tetap ada tekstur kasarnya.
  2. Setelah adonannya selesai, masukkan ke kulitnya, lalu kukus sampai matang dan angkat.
  3. Selanjutnya membuat sambalnya berupa saus kacang, dengan cara menghaluskan kacang tanah terlebih dahulu.
  4. Lalu, tambahkan kemiri, bawang putih, cabai merah, cuka, garam, gula pasir, dan air secukupnya ke dalam kacang yang sudah dihaluskan, sambil mengaduknya hingga rata.
  5. Setelah semuanya selesai, maka siomay Bandung pun sudah siap untuk disajikan bersama sambal kacang, serta kecap dan perasan jeruk nipis.

Siomay Bandung ini disajikan dalam bentuk potongan-potongan yang disiram dengan saus kacang. Bisa juga menambahkan kubis kukus, tahu dan kentang sebagi sayurnya. Sekilas makanan tradisional ini mirip dengan makanan khas Cina, dim sum. Selain siomay Bandung, ada juga makanan tradisional lainnya yang sejenis, yang disebut Batagor atau singkatan dari Bakso Tahu Goreng, yang juga berasal dari Bandung.

Anda suka dengan artikel Cara Membuat Siomay Bandung ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Mudah Aplly Kartu Kredit. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Membuat Siomay Bandung" :

Ditulis dalam Kategori Cara Membuat.