Faktor yang mempengaruhi Cara Meningkatkan Minat Belajar Siswa adalah dari faktor internal dan eksternal dalam kehidupan sehari –harinya. Seorang siswa pasti tidak dapat memahami semua mata pelajaran maka dari itu harus dilakukan belajar beberapa mata pelajaran. Siswa biasanya unggul disalah satu mata pelajaran dan tidak semua mata pelajaran mampu dikuasai. Umumnya siswa malas belajar karena faktor lingkungan misalnya faktor pergaulan dan perhatian dari orang tua.

Siswa yang malas dan tidak miat untuk belajar setiap hari mereka akan belajar ketika ada ujian saja. Siswa sepert ini akan mengandalkan contohan tugas dari teman jadi mereka hanya menyalin tugas yang sudah dikerjakan tanpa harus berfikir. Kebiasaan seperti ini akan dibawa hingga ke jenjang berikutnya.

Salah satu Cara Meningkatkan Minat Belajar Siswa dimulai dari cara mendidik orang tua dirumah dan kebiasaan dari siswa itu sendiri. Jika orang tua selalu memperhatikan dan selalu menyuruh belajar anak dijam yang sama setiap hari, maka akan menjadi kebiasaan anak tersebut. Jika mereka sudah menyukai belajar minat belajar siswa akan menigkat dari dalam dirinya. Kemudian meningkatkan belajar siswa dengan memberikan motivasi – motivasi bagaimana agar mereka tidak malas belajar. Meningkatkan minat belajar juga dipengaruhi dari cara mengajar seorang guru. Guru yang lucu sabar dan santai saat mengajar namun mudah dipahami lebih disukai siswa jika dibanding dengan guru yang killer dan terlalu serius.

Guru yang killer justru membuat siswa tegang dan semakin merasa tertekan sehingga suatu pelajaran akan dirasa lebih sulit. Selain itu dalam meningkatkan belajar seorang siswa berikan PR supaya saat dirumah mereka tidak hanya bermain namun juga fokus dalam belajar. Meningkatnya belajar siswa juga dipengaruhi dari pergaulan teman disekitarnya. Jika teman – teman disekitarnya rajin dalam belajar pasti siswa akan terbawa situasi tersebut. Namun, jika siswa bergaul dengan teman yang malas belajar dan hanya suka bermain mereka juga akan terbawa situasi tersebut.

Pada dasarnya Cara Meningkatkan Minat Belajar Siswa dipengaruhi oleh lingkungan dan kebiasaan siswa. Minat belajar seorang siswa akan lebih meningkat jika setiap selesai ulangan orang tua selalu memberikan hadiah. Tidak aa salahnya jika orng tua memberikan hadiah setiap semester. Karena , siswa akan lebih semangat dalam belajar untuk mendapatkan nilai yang baik supaya diberi hadiah oleh orang tuanya.

Anda suka dengan artikel Cara Meningkatkan Minat Belajar Siswa ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Membuat Siomay Bandung. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Meningkatkan Minat Belajar Siswa" :

Ditulis dalam Kategori Blog. RPP meningkatkn minat belajar anak,