Bagi Anda yang berasal dari Cirebon, pasti tahu dengan tahu gejrot. Makanan tradisional ini memang merupakan salah satu kuliner khas dari kota yang berada di Provinsi Jawa Barat tersebut, dan juga salah satu jajanan populer di Tanah Air. Oleh karena itu, sekarang keberadaan tahu gejrot juga dapat ditemukan di daerah lain, seperti di Bandung hingga Jakarta. Makanan ini pun bisa dibeli di warung-warung tenda yang ada di pinggir jalan.

Tahu gejrot ini cukup berbeda dengan jenis makanan lainnya yang juga dari tahu. Perbedaannya ada pada cara penyajian tahu gejrot yang disajikan dengan kuah dan bumbu. Tahu yang sudah dipotong-potong akan diletakkan di dalam piring kecil bersama dengan kuahnya. Rasanya sendiri sangat unik, karena saat menikmati tahu gejrot ini, akan terasa manis, asin, asam, dan pedas berkat campuran tahu dengan kuah dan bumbunya tersebut.

Tidak heran, jika banyak orang yang menyantap tahu gejrot ini bakal ketagihan untuk mencobanya lagi. Oleh karena itu pula, warung-warung yang menjual makanan ini selalu ramai. Bahkan, pedagang keliling yang menjajakan tahu gejrot ini juga selalu ramai dicari penikmatnya. Nah, selain bisa dibeli dengan mudah, Anda juga bisa membuatnya sendiri loh! Berikut ini ada cara membuat tahu gejrot dengan mudah dilakukan sendiri di rumah.

Sebelum membuat tahu gejrot ini, terlebih dahulu siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, yaitu sebagai berikut:

  • 15 butir tahu sumedang atau tahu pong
  • 1 sendok teh garam
  • 50 ml kecap manis
  • 25 gram gula merah
  • 4 sendok makan air asam
  • 250 ml air matang
  • 4 butir cabe keriting hijau yang sudah ditumbuk kasar
  • 5 butir cabe rawit hijau yang sudah ditumbuk halus
  • 4 butir bawang merah yang sudah ditumbuk kasar
  • 3 butir bawang putih yang sudah ditumbuk halus

Setelah semua bahan tersebut tersedia, maka lanjutkan dengan membuat tahu gejrot ini, dengan cara sebagai berikut:

  1. Rendam tahu yang telah disiapkan dengan air yang sudah dicampur garam selama sekitar 15 menit.
  2. Goreng tahu yang sudah direndam tersebut, dan tiriskan.
  3. Buat kuahnya dengan mencampurkan kecap manis bersama gula merah dan air asam, serta tambah dengan air matang.
  4. Aduk rata semua bahan kuahnya tersebut dan panaskan dengan api kecil hingga mendidih.
  5. Setelah masak dan mendidih, matikan api dan dinginkan kuahnya tersebut.
  6. Untuk membuat bumbunya, campurkan cabe keriting hijau, cabe rawit hijau, bawang merah, dan bawang putih, serta aduk sampai merata.

Sekarang, tahu gejrot buatan Anda sudah jadi. Sangat gampang bukan?! Selanjutnya, tahu gejrot tersebut sudah bisa Anda sajikan lengkap dengan kuah dan bumbunya. Selamat menikmati!

Anda suka dengan artikel Cara Membuat Tahu Gejrot ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Meningkatkan Minat Baca Pada Anak. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Membuat Tahu Gejrot" :