Cara Meningkatkan Minat Baca Pada Anak dipengaruhi dari faktor keluarga terutama cara mendidik orang tua. Lingkungan keluarga adalah kunci utama dalam memberikan bekal ilmu kepada anak. Memberikan pendidikan kepada anak sejak dini dengan membelajari tentang hal – hal positif. Seperti belajar menulis mengenal nama – nama tanaman, binatang , hari, hingga nama – nama bulan.

Untuk mengembangkan minat seorang anak dalam membaca ilustrasikan huruf – huruf dengan gambar – gambar. Imajinasi anak akan berpengaruh terhadap daya ingat mereka sehingga mereka mudah memahami akan bentuk – bentuk huruf. Kemudian mulai belajari mereka dengan membaca sebuah ejaan yang mudah dan sering disebutnya setiap hari. Misalnya seperti kata IBU, MAMA, PAPA,AYAH, BUKU, dan sebagainya. Hal tersebut akan berpengaruh pada anak dalam minat membaca.

Cara Meningkatkan Minat Baca Pada Anak dengan membacakan cerita sejak usia dini. Anak – anak yang biasa mendengarkan cerita dari buku dibacakan oleh ibunya otak mereka akan berfikir dan membayangkan apa yang ada dalam cerita tersebut. Berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan minat membaca pada anak.

1. Sering Membaca Di depan Anak

Umunya anak – anak suka meniru akan perilaku yang dilakukan oleh orang tua maupun orang disekitarnya. Sehingga membaca didepan anak akan meningkatkan minat membacanya.

2. Membacakan Cerita

Dengan membacakan cerita kepada anak akan meningkatkan imanjinasi anak baik dalam daya ingatnya juga dalam kreatifitas.

3. Biasakan membaca sejak anak dalam kandungan

Bayi yang ada didalam kandungan mampu menerima rangsangan dari luar mulai dari suara ibu ataupun suara musik.

4. Ajak anak pergi ke toko buku

Selain bertamasya anak juga diajak berkreasi di toko buku , biarkan mereka memilih buku yang diinginkan untuk menigkatkan kemampuan dalam membaca.

5. Jauhkan Anak dari Game

Game akan menjadi kebiasaan buruk untuk anak dengan kebiasaan main game mereka akan malas dalam belajar. Sebaiknya ajari anak dalam hal – hal positif.

Beberapa Cara Meningkatkan Minat Baca Pada Anak diatas akan membantu ibu yang saat ini menjadi guru privat anak – anaknya. Anak – anak malas belajar dan lebih memilih bermain biasanya dipengaruhi dari faktor lingkungan dan keluarga. Maka dari itu ibu harus kreatif dalam memberikan pengetahuan untuk anak supaya menyukai belajar baik membaca dan menulis.

Anda suka dengan artikel Cara Meningkatkan Minat Baca Pada Anak ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Penyebab Sakit Kepala Di Bagian Belakang. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Meningkatkan Minat Baca Pada Anak" :

Ditulis dalam Kategori Blog.