Cara Meningkatkan Nafsu Makan bertujuan untuk menjaga kesehatan tubuh dengan menerapkan gaya hidup sehat. Berkurangnya nafsu makan disebabkan oleh virus yang menyeran kekebalan tubuh. Sistem imun yang menurun rentan diserang virus seperti influenza , demam, bahkan peradangan pada tenggorkan. Jika seseorang tersrang dari virus jelas nafsu makannya menurun misalnya terkena virus influenza/flu disertai dengan batuk.

Seseorang cenderung merasa malas dan tidak nafsu makan padahal didalam tubuh sangat membutuhkan nutrisi dan vitamin untuk memulihkan kondisi yang terserang influenza. Kurangnya nafsu makan menyebabkan menurunnya berat badan karena nutrisi didalam tubuh tidak terpenuhi sehingga sistem pencernaan tidak bisa bekerja dengan normal. Selain itu nafsu makan yang kurang juga akan menyembabkan penyakit pada lambung seperti magh, ataupun asam lambung.

Beberapa Cara Meningkatkan Nafsu Makan makan yang bisa dilakukan dengan cara yang sehat. Berikut ini adalah cara – cara untuk meningkatkan nafsu makan :

v Berolahraga mampu meningkatkan nafsu makan karena terbakarnya kalori saat berolahraga mampu meningkatkan nafsu makan.

v Mengkonsumsi buah yang kaya vitamin C misalnya Jeruk. Kandunga vitamin C dalam jeruk mapu menjaga daya tahan tubuh sehingga nafsu makan semakin meningkat.

v Jangan terlalu berfikir yang berat biasakan tertawa setiap hari. Selain tertawa merupakan salah satu cara agar awet muda juga akan menigkatkan nafsu makan.

v Mengkonsumsi buah pepaya akan meningkatkan nafsu makan. Kandungan beta karoten dalam buah pepaya mampu meningkatkan nafsu makan.

v Mengkonsumsi jamu temulawak dan beras kencur akan meiningkatkan nafsu makan. Kandungan nutrisi yang ada didalam temulawak ataupun kencur mampu meningkatkan nafsu makan baik balita maupun orang tua.

Cara Meningkatkan Nafsu Makan juga dipengaruhi dari menu makanan setiap hari. Untuk meningkatkan nafsu makan buatlah menu makanan yang bevariasi. Beberapa pilihan makanan akan meningkatkan nafsu makan seseorang karena tidak merasa bosan dengan makanan yang sama setiap hari. Buatlah 3 sampai lima jenis makanan setiap hari atau mungkin gantilah menu makanan dari pagi, siang, hingga malam. Contoh untuk menu sarapan ayam goreng dan pecel, kemudian siang hari menu makanan sayur sop dengan lauk tahu ditambah sambal kecap, dan untuk malam hari membuat nasi goreng. Pergantian menu makanan juga mempengaruhi akan nafsu makan seseorang.

Anda suka dengan artikel Cara Meningkatkan Nafsu Makan ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Membuat Tahu Gejrot. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Meningkatkan Nafsu Makan" :

Ditulis dalam Kategori Blog.