Ketika harga kacang kedelai sempat meroket beberapa waktu lalu, maka tempe goreng pun mendadak menjadi salah satu menu yang mewah. Pasalnya, saat itu tempe mentah bahkan dijual hingga Rp 7.000 per buahnya. Padahal, selama ini tempe hanyalah makanan orang biasa yang banyak dijumpai di rumah-rumah gubuk di pinggiran kota, dalam menu tempe goreng sambal. Selain itu, ada juga dijual oleh penjual gorengan di pinggir-pinggir jalan.

Tapi, sekarang harga kacang kedelai yang merupakan bahan dasar tempe sudah mulai turun. Jadi, sudah saatnya lagi untuk menikmati tempe sebagai menu favorit setiap hari. Memang ada banyak varian makanan yang bisa dibuat dengan tempe. Salah satunya adalah tempe mendoan yang gurih dan renyah. Makanan yang stau ini dibuat dari tempe yang telah diiris tipis, lalu diaduk dengan adona tepung, dan kemudian digoreng hingga matang.

Tempe mendoan biasanya lebih enak dinikmati ketika masih panas, dengan dicampur dengan sambal kecap atau dimakan ddiserta cabe rawit. Selain bisa untuk lauk makan, cemilan bercita rasa khas tradisional asli Nusantara ini juga nikmat disantap sebagai teman minum teh atau kopi saat bersantai. Nah, bagi kamu yang ingin membuatnya sendiri, berikut ini ada langkah-langkah cara membuat tempe mendoan, yang sangat simpel untuk dilakukan sendiri di rumah.

  1. Sebagai informasi awal, resep tempe mendoan berikut ini adalah porsi untuk empat orang, dengan waktu memasak sekitar 20 menit.
  2. Sebelum memulainya, silahkan kamu siapkan bahan-bahannya, yaitu tempe yang diiris tipis melebar, tepun terigu dan tepung beras masing-masingnya sebanyak 100 gram, air bersih 100 ml, daun bawang yang telah diiris tipis, bumbu halus dan garam secukupnya, bawang putih 3 siung, kemiri 2 butir, ketumbar 1 sendok teh, serta kunyit dan kencur masing-masing 1 cm.
  3. Selanjutnya, mulai dengan menumis bumbu halus, dan aduk rata dengan tepung terigu dan air, serta tambahkan daun bawang.
  4. Lalu, celupkan tempe ke dalam adonan tepung tadi, dan goreng sampai setengah matau atau terlihat kering.
  5. Jika tempe mendoan tersebut sudah masak, saatnya untuk menyajikannya dalam keadaan panas dengan sambal kecap.
  6. Untuk membuat sambak kecap ini, campurkan 5 sendok makan kecap manis dengan 1 siung bawang putih halus, 4 buah cabe rawit yang telah diiris, dan garam secukupnya. Kemudian, tinggal diaduk hingga merata.

Anda suka dengan artikel Cara Membuat Tempe Mendoan ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Berbisnis Yang Baik. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Membuat Tempe Mendoan" :

Ditulis dalam Kategori Cara Membuat.