Pernahkah Anda bertanya-tanya saat ada nomor telepon tak dikenal memanggil di ponsel Anda, mengapa selalu diawali dengan +62…..? bukankah semua nomor telepon di Indonesia menggunakan angka nol / 0 untuk kode wilayahnya, seperti 021, 022, 0271, dan lain sebagainya. Nah, +62 itu sama artinya dengan nol pada kode wilayah nasional. Bedanya, +62 adalah kode internasional, untuk negara Indonesia. Bagaimana dengan kode nomor telepon negara lainnya?

Kode nomor telepon negara, diatur oleh International Telecomunication Union (ITU), yang sebelumnya disebut dengan International Telegraph Union. Organisasi ini berada di bawah naungan PBB, yang bertugas untuk mengatur segala hal tentang dunia telekomunikasi dan informasi. Berbasis di Geneva, Swiss, organisasi ini ternyata telah berdiri sejak tahun 1869.
Kode nomor telepon negara dimulai dengan tanda +, diikuti dengan dua hingga tiga angka. Angka pertama menunjukkan wilayah negara, sedangkan angka berikutnya merujuk kepada nama negara. Indonesia, +62, yang berarti 6 adalah wilayah Asean, Australia, Selandia Baru, dan Papua New Guinea. Hanya ada 3 negara Asean yang berada dalam wilayah angka 6, yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Thailand.

Angka 1, untuk wilayah Amerika Serikat, Alaska, dan Kanada. Kemudian,  angka 2 berlaku untuk seluruh benua Afrika, Greend land, dan Madagaskar. Kode nomor telepon negara 3 dan 4 berlaku untuk Eropa. Lalu, 5 bekerja di wilayah Amerika Tengah, dan seluruh bagian Amerika Selatan. 7 berlaku untuk Rusia, dan beberapa negara tetangganya, 8 untuk jepang, Korea selatan dan Utara, seluruh daratan Cina. Untuk negara-negara di timur tengah, mendapat nomor keberuntungan, 9.

Karena begitu banyaknya kode nomor telepon negara di seluruh dunia maka di tulisan ini akan dibeberkan beberapa kode negara yang dianggap paling sering dikunjungi oleh masyarakat Indonesia karena letaknya memang tak terlalu jauh dengan bumi pertiwi. Inilah daftarnya :

  1. +60: Malaysia
  2. +61: Australia
  3. +62: Indonesia
  4. +63: Filipina
  5. +64: New Zealand
  6. +65: Singapura
  7. +66: Thailand
  8. +81: Jepang
  9. +82: Korea Selatan
  10. +84: Vietnam
  11. +86: Cina

Itulah beberapa kode telepon negara yang siapa tahu suatu ketika Anda memerlukannya!

Anda suka dengan artikel Kode Nomor Telepon Negara ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Belajar Cara Hipnotis. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Kode Nomor Telepon Negara" :