Makanan khas Jerman sangat beraneka ragam, terutama kuliner aslinya yang memiliki variasi dari wilayah ke wilayah di negeri bekas Nazi ini. Bahkan, wilayah Bayern dan Swabia malah memiliki kuliner tradisi yang mirip dengan negara tetangga yang berada di selatan Jerman, yaitu Swiss dan Austria. Sedangkan sejumlah makanan modern di negara ini, telah beradaptasi pula dengan cita rasa kaum imigran, seperti para pendatang dari Turki dan Italia.

Berbagai makanan khas Jerman tersebut diolah dari bahan daging, terutama daging babi, sapi dan unggas, dengan campuran sayuran dan buah-buahan. Sedangkan beberapa produk makanan yang banyak dihasilkannya adalah berupa susu dan keju, sosis atau disebut wurst dalam bahasa Jerman, kue-kue, serta berbagai jenis minuman bir dan anggur. Sejumlah makanan khas negara ini juga telah dipengaruhi oleh tren kesehatan modern saat ini.

Sosis adalah salah satu produk daging terbanyak yang dihasilkan di Jerman. Ada lebih dari 1500 jenis sosis dari seluruh wilayah di Jerman, yang terdiri dari jenis sosis segar (Rohwurst), sosis masak (Kochwurst), sosis rebus (Bruhwurst), dan ham. Semua sosis khas Jerman tersebut memang menjadi makanan favorit bagi warga Jerman sejak zaman dahulu. Makanya, wajar saja jika rata-rata orang Jerman makan 82,1 kg daging dalam setahun pada tahun 2002.

Nah, setiap daerah di Jerman ternyata memiliki jenis wurst khas masing-masing, dengan cara membuatnya yang sudah dilakukan secara turun-temurun. Beberapa jenis sosis yang banyak dimakan di Jerman, salah satunya adalah Bratwurst khas Nurnberg yang dibuat dari daging babi cincang berbumbu. Ada juga Rotwurst dari Thuringen, serta Weisswurst (sosis putih) dari Munchen yang dibuat dari campuran daging sapi muda dengan limpa dan otak.

Tidak hanya itu, jenis sosis lainnya dari Jerman adalah Leberwurst (sosis hati) dari Hesse yang dibuat dari hati yang dibumbui, Rinderwurst (sosis daging sapi) dari Westfalen yang dibuat dari daging sapi, dan ham khas Bayern. Lalu, Bauernwurst (sosis petani) dari daging sapi atau babi dengan bumbu dan rempah-rempah, dan Knackwurst dari campuran daging sapi dan babi yang dicacah dan diberi bumbu bawang putih, yang merupakan sosis khas Frankfurt.

Anda suka dengan artikel Makanan Khas Jerman ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Makanan Yang Mengandung Purin. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Makanan Khas Jerman" :