Mereka yang menderita atau mengidap penyakit asam urat pastinya sudah sering mendengar istilah yang satu ini. Makanan yang mengandung zat ini sebaiknya dihindari bagi mereka yang mempuyai asam urat karena bisa membuat penyakitnya kambuh. Zat tersebut adalah purin. Purin adalah salah satu zat yang berhubungan dengan gen manusia, tanaman dan hewan. Jadi purin sudah ada karena diproduksi dalam tubuh manusia sendiri.

 

Mereka yang mempunyai penyakit asam urat ini dikarenakan purin yang menumpuk sehingga mengendap di persendian. Purin dalam kadar yang terlalu berlebihan ini memang harus dikeluarkan. Biasanya purin dikeluarkan oleh ginjal melalui air seni.

Purin yang mengendap ini kembali di gunakan oleh tubuh untuk mendaur ulang zat kimia yang ada dalam tubuh manusia. Inilah yang menimbulkan asam urat pada seseorang. Asam urat sendiri, dalam kadar yang tepat, akan membantu tubuh manusia sebagai antioksidan yang berfungsi untuk menjaga kerusakan pada sel dan pembuluh darah. Namun, pada penyakit asam urat, jumlah asam yang satu ini terlalu banyak dan mengendap pada bagian tubuh tertentu.

Untuk menghindari penyakit asam urat, maka seseorang sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung purin dengan kadar dan cara pengolahan yang tepat. Hal ini harus benar-benar dicermati, jangan sampai kadar purin malah terus menumpuk dalam tubuh dan tidak bisa dibuang oleh ginjal.

Beberapa makanan yang mengandung purin dengan kadar yang sangat tinggi diantaranya adalah hati, jeroan, ekstrak daging, daging bebek, ikan sarden, kerang. Kandungan purin dalam kelompok makanan ini adalah 100-1000mg dari 100 gr makanan yang disajikan.

Kelompok makanan yang mengandung purin dalam kadar yang sedang adalah daging sapi, ikan, ayam, udang, tahu, tempe, bayam, kangkung dan melinjo. Berbeda dengan kelompok yang ada diatas, kandungan purin yang ada dalam kelompok yang kedua ini adalah 9-100 mg dalam 100 gr penyajian.

Kelompok yang terakhir, yakni yang mengandung purin paling rendah, dalam ketegori makanan yang mengandung purin adalah nasi, ubi, jagung, singkong, kue kering, keju, susu dan buah (beuah-buahan tertentu).

Anda suka dengan artikel Makanan Yang Mengandung Purin ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Proses Terjadinya Banjir. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Makanan Yang Mengandung Purin" :

Ditulis dalam Kategori Blog.