Keberadaan vitamin menjadi salah satu bagian dari tubuh yang tidak bisa dihindari. Ada begitu banyak jenis vitamin yang bisa dikonsumsi dari makanan, baik itu buah, makanan padat atau sayuran, yang bisa ditemukan di sekitar kita. Semua vitamin dibutuhkan oleh manusia jika dikonsumsi dalam kadar yang tepat.

Salah satu vitamin yang sangat penting perannya untuk tubuh adalah vitamin K. Vitamin K memang bisa dibilang kurang populer atau jarang terdengar jika dibandingkan dengan vitamin yang lainnya.

Fungsi dari vitamin K adalah untuk membantu proses pembekuan darah. Ini merupakan fungsi yang sangat penting. Jadi sebaiknya semua informasi tentang vitamin K ini dicermati mengingat fungsinya yang sangat krusial. Pembekuan darah sangat penting bagi manusia. Darah merupakan benda cair yang mengalir didalam tubuh manusia. Jika seseorang mengalami luka, darah yang keluar akan berhenti sendiri seiring dengan peran vitamin K yang optimal. Jangankan seseorang yang sedang terluka, jika seseorang tidak memiliki asupan vitamin K yang cukup, maka pori-pori yang ada pada kulit bisa mengeluarkan darah dikarenakan darahnya tidak beku.

Orang yang tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin K dengan baik biasanya akan mengalami gusi berdarah, menstruasi yang datang terus menerus, pendarahan pada saluran pencernaan dan anemia.

Makanan yang mengandung vitamin K biasanya mengandung asupan nutrisi yang sangat banyak bagi tubuh. Nutrisi yang bisa ditemukan didalam vitamin K diantaranya adalah mineral, antioksidan, vitamin, asam amino, dan bahan lainnya. Bagian tubuh yang paling banyak lemak biasanya adalah perut. Vitamin K termasuk golongan vitamin yang hanya bisa larut dalam lemak.

Fungsi lainnya dari vitamin K adalah perannya untuk membantu proses penyerapan kalsium. Kalsium yang masuk kedalam tubuh akan semakin optimal diserap jika pasokan vitamin K dalam tubuh cukup. Makanan yang mengandung vitamin K diantaranya adalah bayam, selada, bunga kol, hati sapi, brokoli, kentang, asparagus, kacang polong, kacang kedelai, dan kubis. Jangan lupa meperhatikan kebersihan makanan tersebut sebelum diolah atau dikonsumsi secara langsung agar tidak ada kuman yang masuk.

Anda suka dengan artikel Makanan Yang Mengandung Vitamin K ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Makanan Khas Jerman. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Makanan Yang Mengandung Vitamin K" :

Ditulis dalam Kategori Blog.