Zinc adalah salah satu mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk membuat tubuh bisa bekerja atau berfungsi secara normal. Sebutan lain untuk mineral ini adalah ‘seng’. Zinc memang termasuk salah satu mineral yang cukup sulit ditemukan pada makanan sehingga makanan harus disortir dulu mana yang mengandung zinc dan mana yang tidak.

 

Seseorang yang kekurangan mineral ini karena tidak mendapatkan makanan yang mengandung zinc akan mempuyai daya tahan tubuh yang rendah. Misalnya ketika ada virus batuk, seseorang yang mempunyai daya tahan tubuh yang kuat tidak akan terserang penyakit ini. Namun seseorang yang tidak mendapatkan asupan zinc yang cukup sangat besar potensinya untuk tertular penyakit ini. Mengkonsumsi makanan yang mengandung zinc akan membantu tubuh melawan dan menghilangkan virus hampir setengah jumlah yang ditularkan.

Selain itu, fungsi zinc juga sangat banyak. Zinc berfungsi untuk mencegah seseorang terkena penyakit Alzeheimer, epilepsy, dan menjaga agar kadar gula dalam darah selalu stabil. Selain itu, zinc juga berperan dalam menjaga kinerja dari kulit dan hidung sebagai indera perasa dan pencium. Bagi para manula, zinc juga berguna untuk menjaga kondisi mata mereka. Manula biasanya mempunyai kondisi mata yang menurun seiring dengan berjalannya waktu. Makan makanan yang mengandung zinc dalam kadar yang tepat dapat membantu mereka menjaga fungsi matanya dengan optimal.

Untuk mendapatkan semua khasiat dari zinc, maka manusia perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung zinc. Beberapa makanan yang mengandung zinc diantaranya adalah kerang, tiram, udang, kepiting, bayam dan jamur. Beberapa sumber mengatakan bahwa daging adalah salah satu sumber zinc yang bagus untuk dikonsumsi. Namun, pastikan semua sumber makanan yang mengandung zinc ini dimasak sampai matang mengingat ada kuman yang bisa berkembang dalam makanan yang tidak dimasak matang,

Jika seseorang sudah mengkonsumsi makanan yang mengandung zinc, maka ada baiknya jangan mengkonsumsi dulu kopi. Hal ini dikarenakan kopi bisa membuat seseorang ingin buang air kecil terus menerus. Hal ini akan membuat zinc yang ada akan terbuang melalui air seni.

Anda suka dengan artikel Makanan Yang Mengandung Zinc ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Mengurus Paspor. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Makanan Yang Mengandung Zinc" :

Ditulis dalam Kategori Blog.