Nasi goreng merupakan salah satu makanan yang sangat khas dari Indonesia. Padahal, makanan ini dibuat dengan resep masakan tradisional Indonesia yang sangat sederhana, berupa nasi yang digoreng dan diaduk dalam minyak goreng atau margarin. Kemudian, ditambah dengan kecap manis, bawang putih, bawang merah, lada, dan beberapa bumbu lainnya. Untuk penyajiannya, bisa dengan tambahan telur atau daging ayam, dan kerupuk.

Hebatnya, nasi goreng sangat gampang ditemukan di mana saja, mulai dari gerobak keliling, warung tepi jalan, hingga di menja prasmanan dalam sebuah pesta dan restoran-restoran mewah. Wajar saja jika banyak pakar kuliner yang menyebut makanan ini sangat nasional, karena tidak mengenal batasan kelas sosial. Bahkan, nasi goreng juga sangat terkenal di dunia, sehingga menempati peringkat dua dari 50 makanan terlezat di dunia versi CNN.

Di banyak daerah di Nusantara, ditemukan nasi goreng dengan variasi yang beragam, meskipun tetap dengan bahan utama berupa nasi, minyak goreng, dan kecap manis. Variasi ini muncul karena dipengaruhi oleh bahan makanan yang biasa digunakan oleh masyarakat setempat. Beberapa variasi nasi goreng misalnya, nasi goreng Jawa dengan bumbu sambal ulek, nasi goreng pete, nasi goreng kambing, dan nasi goreng ikan asin yang sangat populer.

Beberapa orang juga membuat kreasi nasi goreng sendiri, karena cukup mudah dipraktekkan sendiri di rumah. Salah satunya dengan mencoba resep masakan tradisional Jawa, Nasi Goreng Kluwek. Daging ini biasanya digunakan untuk membuat rawon. Tapi, dalam resep ini, kluwek menjadi bumbu nasi goreng. Selain dapat menawarkan rasa yang khas, kluwek akan memberikan warna hitam pada nasi goreng, sehingga disebut Nasi Goreng Ireng.

Untuk membuatnya, siapkan bahan 200 gram nasi putih, 1 siung bawang putih yang dicincang halus, dan sawi hijau secukupnya. Kemudian, bahan lainnya adalah 1/2 sendok teh garam, 5 gram daging kluwek yang di haluskan, 1 sendok makan kecap manis, 1/2 sendok teh minyak wijen. Selanjutnya, sediakan pula pelengkap untuk nasi goreng ini, yaitu irisan dadar telur, ayam goreng, timun dan tomat. Nah, cara membuatnya adalah sebagai berikut:

1.    Tumis bawang putih sampai tercium harum di atas api kecil.
2.    Masukkan sawi hijau dan aduk sampai terlihat layu.
3.    Tuangkan nasi putih, dicampur dengan kluwek, garam, kecap manis, dan minyak wijen.
4.    Aduk semuanya sampai bumbu merata dan nasi matang.
5.    Angkat nasi goreng tersebut, lalu taburi dengan bawang goreng dan bahan pelengkapnya.

Anda suka dengan artikel Resep Masakan Tradisional Indonesia ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Tips Menurunkan Berat Badan Dalam 1 Minggu. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Resep Masakan Tradisional Indonesia" :

Ditulis dalam Kategori Budaya Lokal.