Berbicara mengenai kebiasaan pasti akan dikaitkan dengan hobiĀ  yang dilakukan secara rutin oleh seseorang. Secara harfiah kebiasan memiliki arti pengulangan sesuatu secara terus-menerus dalam kegiatan yang sama. kebiasaan ini terbentuk dengan sendirinya bahkan tanpa disadari sebelumnya oleh pelakunya. Suatu kegiatan bisa menjadi kebiasaan karena memberikan rasa nyaman bagi pelaku, sehingga cenderung memberikan efek kecanduan.

Kebiasaan yang lambat laun tidak hanya dilakukan oleh perorangan namun menjalar kepada banyak orang bahkan dalam satu daerah akan membentuk adat. Menjadi adat karena dilakukan secara turun-temurun dari beberapa generasi. Kebiasaan yang menjadi adat tentunya memiliki kriteria tersendiri:

  • Berdasarkan pada kepercayaan yang dipegang masyarakat
  • Suatu kebiasaan tersebut menunjukkan hasil yang diharapkan masyarakat
  • Sesuai dengan kepribadian masyarakat
  • Sesuai dengan keberadaan sarana dan prasarana

Pengertian Kebiasaan Menurut Para Ahli

Kebiasaan sendiri memiliki dua jenis, yang memberikan pengaruh positif dan sebaliknya memberikan pengaruh negatif. Kebiasaan negatif lebih dikenal dengan kebisaan buruk, disebut buruk karena akan mempengaruhi seseorang mengalamai kemerosotan baik fisik maupun mental. Beberapa kebiasaan buruk:

  • Kebiasaan merokok, apabila dilakukan dalam jangka yang lama akan menimbulkan masalah kesehatan (penyakit jantung, stroke, keguguran, dll)
  • Kebiasaan membaca dengan tidur, kebiasaan ini akan mempengaruhi kesehatan mata menjadi minus.
  • Kebiasaan bangun siang, akan menjadikan seseorang terlambat masuk sekolah atau bekerja.

Kebiasaan buruk tentunya tidak hanya yang tersebut diatas, kebiasaan buruk selain berimbas negatif pada pelaku. Bisa juga meluas kepada orang sekitar, sehingga terancam dikucilkan dari pegaulan bermasyarakat.

Sementara untuk kebiasaan baik patut dilakukan bahkan dibudayakan, kebiasaan baik ini juga mampu menjadi obat terhadap kebiasaan buruk. Semisal kebiasaan merokok bisa jadi disebabkan kebosanan yang melanda saat waktu luang. Bisa dialihkan dengan melakukan hal-hal positif, seperti membaca atau kegiatan lain yang tidak akan mengingatkan pelaku untuk merokok. Kebiasaan yang buruk tidak akan bisa menjadi adat bagi masyarakat di suatu daerah, sebab merugikan banyak pihak. Kebiasaan yang baik akan mendorong seseorang memiliki prestasi di masa depan, sehingga berlatih melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat akan memberikan keuntungan jangka panjang.

Anda suka dengan artikel Pengertian Kebiasaan Menurut Para Ahli ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Membuat Atm BRI. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Pengertian Kebiasaan Menurut Para Ahli" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi.