Sangat banyak sekali masakan tradisional Jawa yang ada sejak zaman dahulu. Beberapa di antaranya, seperti lumpia semarang, soto kudus dan nasi liwet solo yang semuanya berasal dari Provinsi Jawa Tengah, serta rujak petis, tahu tek, lontong balap, dan cwie mie. Selain itu, ada pula sayur asem dari Provinsi Jawa Tengah, yang merupakan makanan berupa aneka sayuran dengan kuah yang khas berasa asam dan manis, tapi tetap terasa menyegarkan.

Sebenarnya, ada pula variasi sayur asem dari daerah lainnya di Tanah Air, seperti sayur asem Betawi dan sayur asem Sunda. Tapi, pada dasarnya, bahan-bahan sayur asem tetaplah sama, yakni dibuat dengan campuran kecambah dari kedelai atau tauge besar, kacang panjang, kangkung dan labu siam. Makanan tradisional Jawa yang sangat banyak diminati oleh semua kalangan ini pun bisa dengan mudah ditemukan di kedai-kedai hingga di restoran.

Tapi, bagi Anda yang ingin mencoba, resep masakan tradisional Jawa sayur asem ini juga sangat praktis dan gampang dilakukan. Untuk memasak memasak sayur asem yang disebut-sebut sebagai “sayur sejuta umat” ini, sebelumnya Anda harus menyiapkan beberapa bahan, yaitu 50 gram kecambah dari kedelai, 10 biji kacang panjang yang sudah dipotong-potong dengan ukuran sekitar 5 cm, dan satu ikat kangkung yang dipotong sesuai selera.

Kemudian, siapkan pula 2 buah labu siam yang sudah dikupas kulitnya dan dipotong-potong berbentuk dadu, 4 buah bawang merah yang diiris tipis, 3 siung bawang putih yang sudah dihaluskan, 2 cm lengkuas dan dikeprek, 3 biji belimbing wuluh, 1 liter air, serta garam dan gula secukupnya. Setelah semua bahan untuk mebuat sayur asem tersebut siap, maka sekarang waktunya untuk memulai membuat resep masakan tradisional Jawa yang satu ini.

  1. Rebus air yang sudah disiapkan sampai mendidih.
  2. Masukkan bawang putih dan bawang merah, serta lengkuas dan belimbing wuluh.
  3. Masukkan pula kecambah, kacang panjang, dan labu siam, setelah airnya kembali mendidih.
  4. Masak semua bahan tersebut sampai menjadi setengah matang.
  5. Lalu, tambahkan kangkung, serta garam dan gula.
  6. Aduk semuanya sampai rata.
  7. Jika sudah satu menit, atau kangkung sudah terlihat empuk, maka sayur asem buatan Anda sudah masak.
  8. Hidangkan sayur asem tersebut dalam keadaan hangat, dan santap  dengan sambal terasai atau teri goreng yang pedas.

Anda suka dengan artikel Resep Masakan Tradisional Jawa ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Nomor Telepon Lion Air. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Resep Masakan Tradisional Jawa" :

Ditulis dalam Kategori Budaya Lokal.