Salah satu produk olahan berdasar susu adalah mentega. Mentega diperoleh dari krim yang didapat dari susu. Mentega  biasanya digunakan sebagai olesan untuk roti maupun biskuit, tidak jarang juga mentega ini dijadikan bahan masakan hingga terkadang digunakan untuk menggoreng. Sifat mentega hampir sama seperti margarin yang tidak mudah leleh, keduanya meleleh pada suhu ruangan secara perlahan.

Banyak manfaat yang bisa diambil dengan mengonsumsi mentega karena didalamnya mengandung vitamin A dan D, zat besi, fosfor, natrium, kalium, dan omega 3 serta omega 6. Mentega yang baik untuk dikonsumsi harus mengandung lemak minimal 80%, kadar air maksimal 16%, protein 1%, dan milk solid non fat tidak lebih dari 2%. Beberapa produk mentega yang diproduksi banyak dikenal denga mentega asam, manis, dan asin. Proses pembuatan mentega melalui proses yang lama dikarenakan harus menunggu lemak dari susu keluar.

Proses pembuatan mentega yang pertama adalah memisahkan krim atau lemak dari susu dengan menggunakan alat. Setelah itu krim yang telah dipisahkan akan melalui proses pasteurisasi krim selama 30 menit untuk membunuh bakteri dan enzim-enzim yang akan membuat mentega cepat basi. Setelah itu dilakukan proses pemeraman agar terjadi kristalisai lemak setelah proses ini selesai dilanjutkan dengan proses penumbukan untuk memisahkan mentega dari buttermilk atau susu tumbukannya. Bahan mentega lalu dicuci dengan menggunakan air dengan suhu 40c untuk membersihkan sisa-sisa buttermilk yang masih tertempel di bahan mentega.

Proses pembuatan mentega selanjutnya adalah mentega yang kadar airnya masih tinggi kemudian diuleni  untuk menurunkan kadar air berlebih yang ada di dalam mentega. Pengulenan mentega ini perlu dilakukan beberapa kali agar kadar air maksimal yang harus ada tercapai. Setelah itu mentega kemudian diberi garam untuk menambah rasa aebanyak 0.5-2%. Aduk adonan mentega secara merata setelah proses penggaraman ini selesai mentega dapat dibungkus. Warna kuning dari mentega adalah warna asli yang berasal dari carote yang berwarna kuning dan larut didalam lemak.

Seperti itulah cara pembuatan mentega yang selama ini Anda gunakan untuk adonan berbagai macam kue dan masakan lainnya!

Anda suka dengan artikel Proses Pembuatan Mentega ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Mengetahui Bagaimana Batuan Terbentuk. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Proses Pembuatan Mentega" :

Ditulis dalam Kategori Cara Membuat.