Kacang-kacangan merupakan sumber pangan yang dikenal memiliki banyak khasiat. Seperi kacang kedelai yang sudah terkenal dengan kekayaannya akan protein. Kacang kedelai pun, bisa diolah untuk menjadi bahan makanan pelengkap, seperti tahu dan tempe. Ada satu lagi yang tak kalah populer, yaitu susu kedelai. Tak hanya hewan saja ternyata yang bisa menghasilkan susu, karena kacang kedelai pun bisa menjadi minuman nikmat. Seperti apa proses pembuatan susu kedelai ini?

Langkah pertama dalam proses pembuatan susu kedelai adalah menyiapkan kacang kedelai. Cuci bersih terlebih dahulu, dan gunakanlah air yang mengalir supaya kotorannya tidak jatuh kembali ke kacang kedelai di dalam wadah. Setelah itu, rebus kacang kedelai yang sudah bersih selama kurang lebih 15 menit. Kemudian, rendam kacang kedelai di dalam air bersih pada suhu ruangan, selama 10 hingga 12 jam.

Setelah direndam selama setengah hari, proses pembuatan susu kedelai berikutnya adalah melepas kulit ari. Caranya mudah, lakukan di bawah kucuran air mengalir, sambil meremas perlahan kacang kedelai, agar mudah melepas kulit arinya. Langkah berikutnya, blender kacang kedelai dengan menambahkan air sedikit demi sedikit hingga halus. Setelah halus, masukkan air panas sambil diaduk, barulah disaring menggunakan kain supaya dapat tersaring dengan maksimal.

Sari kacang kedelai tersebut, sudah siap dimasak. Lanjutkan proses pembuatan susu kedelai dengan memasak di atas api sedang, hingga mendidih. Langkah ini bertujuan untuk membunuh bakteri dan mikroba yang mungkin ada di dalamnya. Jangan terlalu lama menempatkannya di atas api. Setelah mendidih, lekas kecilkan api sambil diaduk perlahan. Di sinilah langkah pentingnya. Proses pengadukkan berguna untuk menghindari gumpalan, serta menambah usia susu kedelai agar tidak cepat basi.

Bila menyukai rasa manis, bisa ditambahkan sedikit gula pasir yang telah dilarutkan terlebih dahulu. Bisa juga ditambahkan dengan essens vanilla atau pandan, guna menambah aroma dan rasa susu kedelai yang lebih membangkitkan selera. Sampai di situlah proses pembuatan susu kedelai, dan siap disajikan. Hangat atau pun dingin, susu kedelai ini tetap memiliki manfaat besar bagi tubuh.

Anda suka dengan artikel Proses Pembuatan Susu Kedelai ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Hati-Hati! Pahami, Ancaman Efek Rumah Kaca Terhadap Bumi.. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Proses Pembuatan Susu Kedelai" :

Ditulis dalam Kategori Cara Membuat.