Anda memiliki hobi berkebun? Tentu saja mengasyikan memiliki hobi yang satu ini. Menyaksikan sebuah tanaman tumbuh dari sebenih bibit, menjadi tanaman besar yang berbuah manis. Namun, untuk mencapai hal tersebut diperlukan usaha yang cukup besar juga. Dan jangan lupakan suplemen sejati bagi tanaman, yaitu pupuk. Seperti pupuk kompus yang baik bagi tumbuh kembang sebuah tanaman, Anda pun bisa membuat sendiri pupuk dari limbah rumah tangga. Bagaimana caranya? Simak proses pembuatan pupuk kompos berikut ini.

Proses pembuatan pupuk kompos merupakan salah satu aspek dari 3R, yaitu reduce – reuse – dan recycle. Dalam hal ini, recycle yang berkaitan dengan pembuatan pupuk kompos karena sampah rumah tangga lah bahan baku yang akan diolah. Dengan membuat sendiri pupuk kompos sederhana, tentunya Anda telah menjadi bagian dalam mengurangi masalah sampah.

Proses pembuatan pupuk kompos sederhana tidak memerlukan tempat yang luas. Cukup sediakan sebuah drum yang berfungsi sebagai tempat penampungan sampah. Namun, pilah pilih sampah, karena hanya sampah organiklah yang bisa bereaksi menjadi pupuk. Tanam drum di dalam tanah sedalam cukup 10 cm saja. Buanglah sampah harian ke drum tersebut. Taburi dengan sedikit tanah, serbuk gergaji, atau kapur secara rutin.

Jika ada sisa metabolisme dari hewan, tak ada salahnya ditambahkan ke dalam drum. Karena, kotoran hewan sangat membantu meningkatkan kualitas pupuk kompos. Proses pembuatan pupuk kompos sebenarnya sudah berjalan. Namun akan maksimal jika drum terisi penuh olehh material berbau tajam, dan ditutup rapat menggunakan tanah.

Diamkan sampah rumah tangga tersebut bersinergi dengan berbagai campuran yang ada. Semua bakteri yang ada, akan terurai bersamaan, dan menjadi agen penyubur tanah dan tanaman. Durasi mendiamkan drum tersebut juga cukup lama, yaitu sedikitnya 3 bulan.

Setelah memakan waktu yang cukup lama, barulah pupuk kompos buatan rumah siap digunakan. Melihat proses pembuatan pupuk kompos yang begitu mudah, tentu membuat Anda tertarik untuk mencobanya. Bahkan, jika memiliki lahan yang cukup luas dan tak mengganggu tetangga, proses pembuatan pupuk kompos sepertinya bisa dijadikan peluang usaha. Tertarik?

Anda suka dengan artikel Proses Pembuatan Pupuk Kompos ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Mengenal Bagaimana Erosi Terjadi. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Proses Pembuatan Pupuk Kompos" :

Ditulis dalam Kategori Biologi.