Jika ingin memiliki gaya hidup sehat, sudah tentu harus didukung dengan makanan yang juga menyehatkan. Jika kebanyakan orang berpendapat makanan sehat itu tidak enak, mungkin dia belum pernah mencoba yoghurt. Ya, hasil olahan susu yang satu ini, memiliki manfaat yang sangat baik, diantaranya adalah melancarkan pencernaan, membantu meluruhkan lemak dalam darah, sehingga menghindari penyakit kronis. Jika malas membeli yoghurt ke mini market, apa salahnya mencoba sendiri berbagai proses mudah Pembuatan Yoghurt.

Untuk memulai membuat yoghurt, yang pertama harus disiapkan adalah susu murni cair. Sebaiknya, pilih susu sapi murni, yang belum ditambahkan bahan – bahan lain sehingga masih memiliki rasa, warna, dan tekstur susu. Jenis susu ini sering juga disebut susu plain. Dan satu lagi bahan untuk membuat yoghurt, adalah bibit yoghurt. Bibit ini mengandung bakteri probiotik yang baik untuk tubuh, khususnya usus. Bakteri yang dikandung berasal dari keluarga Lactobacillus Bulgaricus. Sudah, hanya itu saja bahannya.

Proses pembuatan yoghurt adalah, pertama-tama adalah memanaskan susu dengan api kecil. Langkah ini bertujuan untuk menghilangkan atau mengangkat air yang kemudian menguap. Namun, perhatikan prosesnya dengan cermat, jangan sampai mendidih. Dengan demikian, tidak akan timbul gumpalan-gumpalan. Inilah yang disebut dengan solid yoghurt.
Kemudian lanjutkan proses pembuatan yoghurt dengan mendinginkannya. Biarkan suhunya turun secara alami, jangan dimasukkan ke dalam kulkas. Setelah mencapai kehangatan yang tepat, biasa disebut dengan hangat kuku, barulah campurkan bibit yoghurt. Komposisinya adalah 2 sampai 5 persen dari volume solid yoghurt.

Lalu, tutup di dalam wadah dengan benar-benar rapat. Jangan sampai ada udara yang masuk, supaya aktivitas fermentasi berjalan sempurna. Waktu fermentasinya pun tidak terlalu lama, hanya sekitar 24 jam saja. Lewat langkah ini, tekstur youghurt akan semakin kental dan menghasilkan asam.

Proses pembuatan yoghurt selanjutnya setelah difermentasikan selama satu malam, Anda bisa menambahkan essens supaya yogurt memiliki paduan rasa yang lebih enak. Biasanya, menggunakan rasa jeruk, stroberi, dan lain-lain. Soal rasa, ini adalah selera Anda. Mudah bukan membuat yoghurt?

Anda suka dengan artikel Proses Pembuatan Yoghurt ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Hukum Onani Menurut Islam. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Proses Pembuatan Yoghurt" :

Ditulis dalam Kategori Cara Membuat.