Manfaat buah pinang muda untuk kesehatan sudah dibuktikan oleh banyak orang di Indonesia. Pinang adalah tumbuhan yang masih satu spesies dengan palem hanya saja pinang memiliki batang tubuh lebih tinggi. Saat ini memang sedikit sulit untuk menemukan pohon pinang karena sudah banyak yang ditebangi untuk digunakan sebagai lomba panjat pinang di hari kemerdekaan. Secara garis besar pinang digunakan untuk

menyirih oleh beberapa orang tua kuno. Menyirih ini adalah kebiasaan jaman kuno untuk menjaga kesehatan gigi dari serangan kuman. Sehingga beberapa nenek – nenek yang menyirih cenderung giginya masih utuh. Pada zaman dahulu belum ada sikat gigi dan pasta gigi sehingga mereka mengejarkan untuk menyirih adalah membersihkan gigi dan menjaga kesehatan gigi.

Didalam buah pinang muda mengandung banyak senyawa bermanfaat untuk kesehatan. Senyawa ilmiah di dalam buah pinang muda di antaranya Arecoline, zat wara phlobapheen, guracine senyawa alkaloid dan masih banyak lagi. Dari banyaknya kandungan senyawa di dalamnya manfaat buah pinang muda untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Pinang muda berkhasiat untuk menghentikan mimisan, kemudian sebagai obat cacing dan menguatkan gusi. Tidak hanya itu ternyata buah pinang sudah bisa digunakan sebagai obat disentri serta mampu menghentikan pendarahan. Seseorang yang menderita batu ginjal juga bisa menjadikan pinang muda sebagai obat tradisional. Banyaknya kandungan senyawa dari buah tersebutkah bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional dalam mengatasi beberapa penyakit. Pinang muda sedikit sulit untuk ditemukan sehingga harganya cenderung lebih mahal.

Kandungan senyawa choline di dalam buah pinang muda mampu mengatasi pendarahan yang terjadi pada seseorang. Senyawa alami di dalam buah pinang tersebut merupakan kelompok ester glukosa yang bergandengan dengan sejumlah komponen pirogalol. Sesuai dari hasil penelitian sederet senyawa aktif di dalam buah pinang muda memiliki sifat hemostatik sehingga mampu menghentikan proses pendarahan. Bagi anda yang sering mengalami pendarahan baik itu mimisan maupun gusi berdarah sangatlah baik jika memanfaatkan pinang muda sebagai obat alami. Manfaat buah pinang muda yang paling utama memang untuk menghentikan pendarahan secara aman dan tepat.

Anda suka dengan artikel Manfaat Buah Pinang Muda ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Manfaat Buah Timun Bagi Kesehatan. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Manfaat Buah Pinang Muda" :

Ditulis dalam Kategori Tips Sehat.