Berbicara mengenai gigi tidak terlepas dari perawatan dan  kesehatan agar  selalu tampak sehat. Perawatan gigi  tidak terlalu penting, padahal  manfaatnya sangat  vital  dalam menunjang  kesehatan dan penampilan ( Pratiwi, 2007). Mulut tidak hanya sekedar untuk menerima makanan dan minuman. Selain  itu mulut  merupakan bagian penting di tubuh kita. Salah satu faktor yang sangat mengganggu penampilan adalah gigi kuning, oleh karena itu diperlukan pengetahuan cara mengatasi gigi kuning tersebutBiasanya  untuk membersihkan gigi kuning ini menggunakan teknik bleaching (pembersihan) pada bagian-bagian gigi  yang kuning.

Ada  beberapa faktor yang menyebabkan gigi kuning antara lain :

  1. Ekstrinsik yaitu melekatnya  tembakau sehingga menyebabkan warna gigi kekuning-kuningan, teh, kopi.
  2. Intrinsik merupakan perubahan warna  yang disebabkan oleh noda terdapat pada email dan dentin.
    Selain itu ada beberapa faktor  lain yang menyebabkan gigi berubah warna.
  3. Faktor luar gigi : kesehatan mulut.
  4. Faktor dalam gigi : obat-obatan selama pertumbuhan gigi, kelainan darah.

Menurut penelitian ada beberapa cara untuk mengatasi kuning secara alami antara lain :

  1. Gunakan siwak, siwak sangat  ampuh untuk  membersihkan gigi kuning. Di samping itu kandungan flouride dari siwak lebih banyak di bandingkan dengan pasta gigi biasa. Satu batang siwak bisa  di gunakan  beberapa kali.
  2. Gunakan biji pinang, biji pinang ternyata sangat efektif untuk membersihkan gigi yang kuning. Caranya adalah ambillah sebatang biji pinang, kemudian bakar hingga  hitam seperti arang. Selanjutnya, haluskan arang tersebut sampai halus. Kemudian gosok gigi anda dengan sabun pinang. Di sarankan agar menggosok gigi dengan pinang selama dua kali dalam seminggu.
  3. Menggunakan  arang ternyata sangat efektif dalam membersihkan gigi. Di samping itu, arang juga sangat berdampak negatif bagi email gigi kita.
  4. Menggunakan pasta lemon dan garam.

Cara mengatasi gigi kuning saat ini memang banyak yang bisa dilakukan, selain secara tradisional di atas, juga bisa dilakukan dengan pembersihan ke dokter spesialis gigi, Dokter biasanya memiliki alat khusus untuk pembersihan gigi, dan cara itu biasa dilakukan oleh orang-orang yang memiliki cukup dana untuk khusus perawatan gigi.

Intinya adalah lebih baik mencegah daripada mengobati. Menjaga gigi bersih setiap hari dapat membantu mengatasi gigi kuning dan yang lainnya. lebih bagusnya adalah sikat gigi setiap habis makan.

Anda suka dengan artikel Cara Mengatasi Gigi Kuning ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Membuat Siomay Ikan. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Mengatasi Gigi Kuning" :

Ditulis dalam Kategori Blog.