You can speak well  if your tongue can deliver  the message of your heart ( John Ford)
Setiap orang akan mengeluarkan  lebih dari 60 ribu kata untuk mempengaruhi seseorang .  kesuksesan sebuah jabatan  tidak terlepas dari keterampilan public speaking. Jadi semakin terampil seseorang dalam berbicara  tentu akan menunjukkan kecerdasan dan kualitas dari isi pembicaraannya.
Pernahkah anda bayangkan saat ditunjuk sebagai pembicara  pada  seminar. Gejala berupa kecemasan/grogi merupakan masalah fisiologis dan psikologis. 

Secara  fisiologis  dapat berupa keluarnya keringat  pada tubuh dan telapak tangan, detak jantung semakin cepat, ketegangan otot, serta gemetarnya  tubuh terutama telapak kaki, dan suara bergetar. Sedangkan keadaan psikologis di dalam diri  kita timbul berupa kecemasan dan ketakutan. Selain itu kurangnya persiapan materi sebelum  berbicara di depan publik. Selain  itu pembicara di hadapkan pada hal baru.

Cara mengatasi  grogi di depan umum  antara lain:

  1. Persiapkan segala sesuatunya dengan baik sebelum berbicara di depan umum.
  2. Membaca doa menurut agama dan kepercayaan masing-masing, agar kita lebih memiliki rasa percaya diri yang kuat dan mampu untuk menyampaikan apa yang hendak di sampaikan.
  3. Ketika berbicara  yang lebih memperhatikan leksikal, tata bahasa dan pilihan intonasi yang tepat. Maka  diperlukan persiapan yang matang  terutama materi pidato.
  4. Kuasai lokasi pidato terlebih dahulu, bagaimana ruangannya, audiensnya agar pada saat kita berbicara di depan umum kita tidak lagi grogi atau demam panggung.
  5. Gerak tubuh biasanya menyertai penyajian pesan. Nah, dalam penyampaian pesan.
  6. Keyakinan di dalam diri kita bahwa  setiap pembicara handal pada mulanya mengalami perasaan berupa kecemasan. Maka  yang  anda perlukan dalam mengatasi kecemasan adalah mendapatkan pedoman, pengertian dan rencana reaksi.
  7. Anda  tidak selalu harus cerdas dan tampil sempurna
  8. Anda  hanya butuh satu atau dua pokok utama.
  9. Anda memiliki tujuan yang tepat.

Untuk dapat berbicara di depan umum memang bukan merupakan perkara mudah, semudah membalikkan telapak tangan. Dalam hal ini diperlukan teknik-teknik dan persiapan yang baik untuk menunjang kesuksesan berbicara di depan umum.

Anda suka dengan artikel Cara Mengatasi Grogi Di Depan Umum ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Mengatasi Gigi Kuning. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Mengatasi Grogi Di Depan Umum" :

Ditulis dalam Kategori Blog.