Budaya merupakan milik manusia yang unik. Manusia lahir dan dibesarkan di lingkungan yang berbudaya. Manusia tak hanya makhluk yang sosial akan tetapi juga makhluk yang memiliki budaya. Oleh karena itulah manusia tidak dapat hidup tanpa budaya. Budaya memenuhi kebutuhan kita dan mewakili keseluruhan pencapaian umat manusia. Budaya didefinisikan sebagai keseluruhan kompleks yang termasuk pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hukum, adat budaya dan kemampuan serta kebiasaan yang diperoleh oleh manusia sebagai anggota masyarakat.

Fungsi Kebudayaan

Kebudayaan telah memenuhi berbagai macam fungsi yang dapat dibagi menjadi dua, yakni fungsi individual dan fungsi kelompok. Budaya dan kelompok bukanlah hall yang sama. Organisme lain selain manusia juga memiliki kelompok, akan tetapi dalam kasus manusia, masyarakat merupakan kelompok orang-orang yang berinteraksi dengan yang lain baik secara langsung maupun tiak langsung. Manusia di dalam masyarakat juga bisanya menerima pandangan yang berbeda-beda tentang tradisi, budaya dan ekspektasi lainnya.

Apa yang Terjadi Bila Manusia Hidup Tanpa Kebudayaan?

Berikut ini adalah fungsi budaya bagi manusia secara individu:

  1. Budaya membedakan antara manusia dan hewan. Kebudayaanlah yang membuat manusia sebagai hewan yang  beradab. Kebudayaan mengatur perilaku dan mempersiapkan manusia dalam kehidupan sosial.
  2. Budaya memberikan solusi untuk situasi yang lebih rumit. Karena kebudayaan memberikan serangkaian pengaturan perilaku untuk situasi sulit. Jika tidak ada kebudayaan maka manusia akan bingung bahkan pada situasi yang paling sederhana, mulai dari makan, minum, tidur, tertawa, dan lain sebagainya.
  3. Kebudayaan memberikan interpretasi tradisional dari situasi tertentu. Melalui kebudayaanlah maniusia mendapatkan berbagai interpretasi sesuai dengan situasi yang dihadapi.
  4. Kebudayaan membentuk kepribadian seseorang. Tidak ada seorang nakpun yang dapat mengembangkan kualitas kemanusiaannya tanpa adanya kebudayaan.

Fungsi kebudayaan untuk grup atau kelompok adalah sebagai berikut:Budaya mengatur kehidupan sosial agar tetap hidup. Budaya memegang peranan penting tak hanya bagi manusia secara individu namun juga kelompok.

  • Budaya mempersiapkan manusia untuk berinteraksi dengan orang lain. Jika tidak ada kebudayaan maka interaksi dengan orang lain akan menjadi kacau.
  • Budaya memberikan visi baru kepada individu. Yang pada akhirnya akan memberikan yang sama pada kerjasama antara individu. Oleh karena itulah tercipta konsep keluarga, negara, bangsa dan lain sebagainya.
  • Budaya membuat kebutuhan yang baru, misalnya kebutuhan akan pengetahuan dan cara memperoleh kepuasan. Oleh karena itu budaya juga memberikan arahan moral dan agama pada kelompok mannusia.

Anda suka dengan artikel Apa Yang Terjadi Bila Manusia Hidup Tanpa Kebudayaan? ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Mengembangkan Usaha Gorengan. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Apa Yang Terjadi Bila Manusia Hidup Tanpa Kebudayaan?" :