Pernikahan adat Jawa Timur sebetulnya tidak terlalu banyak berbeda dengan kebanyakan tempat di Jawa Tengah. Urut-urutannya juga hampir sama, mulai dari proses perkenalan, ndodok lawang yang diikuti dengan peningset atau pengikat, lalu upacara pernikahan yang sesuai dengan agama dan adat setempat, diikuti dengan upacara sungkeman dengan kedua orang tua. Biaya pernikahan adat Jawa Timur jugaberbeda-beda, relatif terhadap kebutuhan dan juga keinginan dalam menggelar pesta pernikahan.

Biaya Pernikahan Adat Jawa Timur

Seperti layaknya pesta pernikahan lainnya, dalam adat Jawa Timur, jenis-jenis biaya yang patut diperhatikan adalah sebagai berikut:

  • Biaya lamaran, yang akan melibatkan sejumlah penganan khas, hantara pakaian serta perhiasan yang lebih sederhana. Tergantung dari jarak tempuh, Anda mungkin juga harus memperhatikan biaya transportasi dan hotel tempat menginap anggota keluarga.
  • Biaya peningset. Peningset merupakan jenis pengikat pengantin yang dapat berupa cincin, gelang, dan lain sebagainya.
  • Biaya pernikahan. Yang ini lebih umum dan lebih mudah diprediksi. Tinggal diskusikan berdua dengan pasangan serta keluarga tentang biaya KUA, atau jika menikah di tempat lain untuk agama yang lainnya, jumlah undangan, makanan, gedung, baju pengantin, dekorasi dan lain sebagainya.

Jika ingin menghemat biaya pernikahan sebaiknya bicarakan dengan pasangan, mengenai apa-apa yang harus dikurangi. Pernikahan adat Jawa Timur bisa saja jadi mahal atau murah tergantung cara Anda menyelenggarakan resepsi. Beberapa perayaan tradisional masih menggunakan upacara yang melibatkan ruwatan, atau hiburan dalam bentuk ketoprak, barongan, wayang, reog, dan lain sebagainya. Biasanya hal tersebut dilakukan apabila keluarga percaya bahwa urutan kelahiran anak atau si pengantin merupakan urutan yang patut diruwat untuk menolak bala, menghindarkan dari mara bahaya, dan lain sebagainya.

Untuk urusan makanan, Jawa Timur memiliki berbagai macam kuliner khas yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan hidangan pernikahan Anda. Soto Madura, Soto Lamongan, Rujak Cingur, Rawon dapat menjadi pilihan menu utama bagi tamu Anda. Jika ingin menghemat, maka sebaiknya Anda menyewa beberapa juru masak untuk mempersiapkan hidangan pernikahan, jika dihitung biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah daripada memesan dari katering. Namun, semua pilihan ada di tangan Anda.

Anda suka dengan artikel Biaya Pernikahan Adat Jawa Timur ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Biaya Pernikahan Adat Jawa Tengah. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Biaya Pernikahan Adat Jawa Timur" :