Menurut data, sebanyak 100 pernikahan rata-rata dilakukan di dan oleh KUA setiap bulannya. Sebelumnya, tidak ada aturan resmi mengenai biaya pernikahan yang dilakukan di luar KUA, atau dengan tata cara menurut Islam yang dilakukan di rumah mempelai. Mempelai dapat dikenai berbagai macam biaya yang sebelumnya memang belum diatur secara resmi dengan peraturan pemerintah atau undang-undang apa pun. Akan tetapi per tahun 2014, pemerintah telah menentukan aturan baru seputar pernikahan melalui KUA.

Aturan terbaru, yakni revisi dari PP Nomor 47 Tahun 2014, yang membahas soal macam tarif Pendapatan Negara Bukan Pajak atau PNBP, menentukan bahwa tarif terbaru minkah di KUA untuk orang miskin, atau menikah dengan jasa KUA di luar KUA. Beberapa simpulannya adalah:

Biaya Pernikahan Menurut Islam

  • Biaya menikah gratis di KUA untuk warga yang miskin. Warga harus menunjukkan surat keterangan miskin dari pemerintah desa terkait untuk memenuhi syarat.
  • Biaya menikah di luar KUA sesuai dengan persetujuan calon pengantin dan petugas KUA. Harganya berkisar antara 200-600 ribu rupiah. Biaya tersebut berlaku untuk pernikahan di dalam jam kerja di KUA atau di luar KUA dan di luar jam kerja atau hari libur.

KUA juga menyebutkan bahwa mereka dapat menyediakan jasa untuk khutbah nikah, pembaca kitab suci Al Quran atau Qori dan pembaca doa yang akan dikenai biaya berbeda, sesuai dengan persetujuan dari kedua belah pihak. Kenaikan biaya menikah secara Islam di KUA ini ditujukan untuk perbaikan pelayanan dan perbaikan fasilitas KUA sehingga dapat melayani masyarakat lebih baik, serta meningkatkan kesejahteraan penghulu atau naib yang sebelumnya kerap mengeluarkan biaya sendiri untuk transportasi guna melaksanakan pernikahan di luar KUA dan di luar jam kerja.

Selain biaya KUA, kedua calon pengantin juga dapat menentukan jenis biaya pernikahan yang akan mereka butuhkan, mulai dari lamaran, mas kawin, resepsi, makanan, dan lain sebagainya. Setiap orang dapat mencoba menghemat pengeluaran dengan cara membatasi pengeluaran pada salah satu aspek yang dirasa tidak terlalu penting. Selain itu banyak pula wedding organizer yang menyediakan paket pernikahan yang terhitung lebih hemat dan tidak repot dibandingkan jika Anda mengurus sendiri.

Anda suka dengan artikel Biaya Pernikahan Menurut Islam ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Biaya Pernikahan Di KUA. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Biaya Pernikahan Menurut Islam" :