Berlian merupakan salah satu perhiasan yang sangat mempunyai daya tarik yang sangat tinggi sehingga benda yang sangat diganderungi khususnya oleh kaum wanita ini mempunyai nilai jual yang sangat tinggi sehingga banyak sekali dari mereka yang banyak berinvestasi dengan benda yang identik dengan betuk prisma segi enam ini. Melihat banyaknya peminat pada benda tersebut maka tidak sedikit pula yang menjual berlian tersebut. Melihat penomena ini ada baiknya anda mewaspadai dengan hadirnya beberapa benda tiruan yang mengatasnamakan berlian ini.

Berlian merupakan salah satu perhiasan yang banyak diburu sebab harga jualnya yang cukup tinggi serta aura yang dipancarkan daripada benda ini mampu memberikan kesan yang elegan kepada si pemakainya. Namun, lain cerita jika berlian yang anda gunakan tersebut ternyata palsu atau tiruan. Apalagi, jika teman atau orang lain tahu kalau kita menggunakan berlian tiruan pastinya akan mebuat kita sedikit gengsi. Nah, oleh karena itu, agar terhindar dari barang tiruan, ada baiknya sebelum anda membeli sesuatu maka di cek atau di uji terlebih dahulu keaslian dari berlian tersebut.

Cara Mengetes Berlian

Adapun beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menguji keaslian dari berlian tersebut yaitu dengan cara sebagai berikut:

  • Menguji dengan menggunakan nafas yang kita keluarkan pada berlian. Jika berlian tersebut asli maka kabut yang dikeluarkan oleh nafas tersebut akan hilang dengan cepat sedangkan jika tidak berarti sebaliknya
  • Perhatikan setiap sisi atau sudut pada berlian. Sebab berlian yang palsu biasanya hanya memberikan efek kilauan hanya pada bagian atasnya saja.
  • Letakan berlian tersebut diatas koran. Jika berlian tersebut asli maka bayangan tulisan yang terdapat pada koran tersebut tidak terbaca pada berlian.

Selain dari 3 cara diatas, anda juga bisa mengecek keaslian berlian dengan menggunakan lewat mata diantaranya:

  • Lakukan pengujian dengan cara melakukan uji miring. Caranya, pegang berlian dengan posisi mendatar, kemudian anda miringkan. Nah, jika berlian tersebut mempunyai kilauan maka berlian tersebut bisa dikatakan asli sedangkan jika tidak memancarkan kilauan berarti keasliannya harus dipertanyakan
  • Berlian yang asli akan mengikuti karakteristik suhu disekitarnya.

Anda suka dengan artikel Cara Mengetes Berlian ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Mengetes Batu Giok Asli. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Mengetes Berlian" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi. cara uji miring berlian,