Dalam berbagai diskusi yang bertema keuangan, kita sering mendengar orang yang mengunggulkan investasi emas. Mereka berkata bahwa emas adalah barang yang nilainya tidak dipengaruhi oleh inflasi sehingga sangat ideal dijadikan sebagai investasi. Bagi orang awam, emas mungkin hanya sebagai perhiasaan yang sangat cantik ketika dipakai namun kita juga bisa menjadikannya cadangan dana jika sewaktu-waktu membutuhkan uang tunai. Emas sangat mudah didapatkan di toko emas atau membelinya di beberapa lembaga keuangan seperti pegadaian.

Masalah yang sering timbul jika kita membeli di tempat yang memiliki reputasi buruk adalah rawan dipalsukan. Emas palsu sangat marak beredar dan cukup banyak memakan korban yang umumnya adalah masyarakat yang tidak mengetahui cara mengecek keaslian emas. Mereka hanya mengamatinya secara fisik dan jika cocok, mereka akan membelinya tanpa berpikir dua kali. Kerugian yang dialami bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta. Sebenanya ada alat untuk mengetahui keaslian emas yang disediakan di toko emas jadi Anda bisa menggunakan jasa pengecekan tersebut.

Cara Mengetes Emas Asli

Bila Anda masih penasaran dan ingin mengetahui keasliannya sendiri, pakailah nitric acid. Zat ini bisa Anda beli di toko bahan kimia tetapi tanyakan terlebih dahulu bagaimana cara menyimpannya agar tidak membahayakan. Berikut adalah cara mengetes emas asli:

  • Sediakan wadah stainless steel.
  • Masukkan emas yang akan diuji.
  • Teteskan sedikit asam nitrat dan perhatikan reaksi yag terjadi.
  • Jika muncul warna kehijauan, berarti logam itu adalah besi yang telah dilapisi emas.
  • Warna keemasan menunjukkan bahwa kuningan dilapisi emas.
  • Warna keputihan seprti susu tandanya perak dilapisi emas.

Jika dalam pengujian Anda tidak menemukan reaksi apapun maka hampir bisa dipastikan bahwa emas yang Anda beli adalah asli. Karena harganya yang cukup mahal maka tes keaslian emas harus dilakukan apalagi jika tujuan Anda melakukan pembelian adalah untuk menjadikannya instrumen investasi. Jika ingin menyimpan emas, sebaiknya Anda menyewa jasa perbankan dan jangan menaruhnya di rumah karena rawan tercuri. Mahal sedikit tidak mengapa asal emas yang Anda miliki terjamin keamanannya

Anda suka dengan artikel Cara Mengetes Emas Asli ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Mengetes DNA. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Mengetes Emas Asli" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi.