Saat ini banyak pasangan muda yang setelah menikah langsung menjalankan program memiliki anak. Mereka berpendapat bahwa memiliki buah hati pada usia pernikahan yang masih muda akan membuat mereka mampu mengurus anak dengan baik serta mempersiapkan masa depan yang cemerlang bagi generasi penerusnya. Terkadang ada pasangan yang tidak menyadari bahwa sedang mengandung janin karena tidak mengetahui bagaimana cara mengetes kehamilan. Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan test pack.

Alat uji kehamilan mudah didapatkan di apotek. Cara kerjanya adalah dengan mendeteksi kehamilan melalui air seni. Pertama bacalah petunjuk pemakaian dan tanda yang akan muncul jika terdeteksi adanya kehamilan. Setelah itu buka kemasan dan teteskan sedikit air seni pada alat tersebut. Beberapa test pack hanya cukup dicelupkan pada wadah berisi air seni. Jika ada perubahan tanda pada alat yang Anda pakai sesuai petunjuk, maka Anda kemungkinan telah mengandung.

Cara Mengetes Hamil Atau Tidak

Pemeriksaan ke dokter kandungan masih diperlukan untuk mendapatkan kepastian tentang kehamilan dan usia kandungan. Untuk mengetahui apakah seorang wanita hamil atau tidak, ada ciri-ciri fisik yang bisa diamati yaitu:

  • Terlambat haid.

Ciri ini sangat mudah dikenali pada wanita yang memilki siklus menstruasi teratur.

  • Kram perut

Perut yang mengalami kram menjadi salah satu tanda kehamilan meskipun sang wanita tidak sedang haid.

  • Cairan vagina

Salah satu ciri telah terjadi pembuahan adalah keluarnya cairan vagina yang berwarna putih.

  • Kondisi payudara

Orang yang hamil biasanya mengalami pembesaran payudara dan timbulnya rasa nyeri.

Jika Anda sudah ditetapkan positif hamil, maka rutinlah untuk melakukan kontrol kehamilan ke dokter. Bila Anda ingin mengetahui perkembangan bayi di dalam rahim, Anda bisa menjalani pemeriksaan USG. Pada usia kandungan yang sudah lebih dari 4 bulan, Anda bisa mendapatkan informasi tentang jenis kelamin bayi. Pasangan yang tidak ingin mengetahuinya lebih awal dapat meminta dokter untuk merahasiakannnya agar menjadi kejutan setelah proses persalinan. Selama mengadung, penuhi asupan gizi untuk calon bayi Anda agar bisa lahir ke dunia dalam kondisi sehat dan sempurna.

Anda suka dengan artikel Cara Mengetes Hamil Atau Tidak ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Mengetes Golongan Darah. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Mengetes Hamil Atau Tidak" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi.