Salah satu harapan orang tua terhadap buah hatinya adalah agar sang anak mempunyai intelegensi yang tinggi sehingga mampu mencapai prestasi yang maksimal di sekolah. Salah satu kecerdasan yang menjadi patokan keberhasilan seseorang adalah IQ (Intelligence Quotient). Dalam sejarah, terbukti bahwa seseorang yang memiliki IQ tinggi bisa menjadi ilmuan jenius seperti Thomas Alva Edison dan Einstein. Untuk mengetahui tingkat kecerdasan anak perlu dilakukan serangkaian tes yang biasa disebut tes IQ.

Saat ini tes tersebut sudah bisa dilakukan secara online dan hasilnya bisa didapatkan saat itu juga dalam bentuk berupa skor dengan arti tersendiri. Skor rata-rata orang yang menjalani tes ini adalah berkisar antara 90-109 yang disebut dengan normal sedang. Orang dengan IQ tersebut bisa menjalani aktivitas sehari-hari secara mandiri dan umumnya tidak memiliki kesulitan dalam menangkap pelajaran di sekolah. Jika anak Anda memiliki skor yang lebih tinggi, maka Anda cukup beruntung karena angka tersebut menandakan bahwa anak tersebut mempunyai kecerdasan yang dikategorikan tinggi.

Cara Mengetes IQ Anak

IQ anak bisa ditingkatkan dan dilatih sampai mencapai tingkat maksimal dengan berbagai cara diantaranya:

  • Mempelajari musik

Anak yang pintar dalam bidang musik biasanya memiliki IQ yang tinggi.

  • Memberi ASI saat anak masih bayi

ASI tidak hanya berperan penting dalam menjaga daya tahan anak tetapi juga meningkatkan perkembangan otak.

  • Pantang mengkonsumsi junk food

Makanan cepat saji yang masuk dalam golongan junk food membawa dampak negatif bagi otak.

  • Permainan untuk mengasah otak

Permainan yang bisa melatih otak diantaranya teka-teki silang, sudoku, dan catur.

IQ bukanlah satu-satunya penentu kesuksesan seorang anak di masa depan. Keberhasilan anak juga dipicu oleh kecerdasan emosional atau EQ (Emotional Quotient). Anak yang memiliki EQ tinggi ditandai dengan beberapa sifat unggul seperti sopan, bijaksana, dan jujur, disiplin, rajin, dan bersemangat. Anak tersebut akan tumbuh menjadi pribadi yang mudah bergaul dan mampu menempatkan dirinya dalam segala kondisi. Jika kedua kecerdasan ini dimaksimalkan, maka kesempatan untuk meraih masa depan yang cemerlang akan terbuka lebar.

Anda suka dengan artikel Cara Mengetes IQ Anak ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Mengetes Indra Ke 6. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Mengetes IQ Anak" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi.