Madu adalah bahan berupa cairan kental yang dihasilkan oleh lebah melalui proses yang sangat alamiah. Seperti yang kita ketahui, bahan yang satu ini mempunyai rasa manis yang alami sehingga sering digunakan sebagai bahan tambahan pada makanan dan minuman sehat yang aman dikonsumsi. Bahkan ternyata, madu mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya yaitu:

  • Memperlancar peredaran darah,
  • Menetralisir racun dalam tubuh,
  • Meningkatkan daya tahan dan metabolisme tubuh,
  • Mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit, serta
  • Membantu menyeimbangkan kadar gula dalam darah.

Selain manfaat kesehatan, madu juga sering digunakan dalam industry kosmetik dan kecantikan karena dikenal dapat mencerahkan sekaligus menjaga keremajaan kulit. Dengan berbagai macam manfaat yang bisa didapat dari madu, maka tidak salah jika madu menjadi salah satu bahan yang paling dicari dan digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat. Namun, semakin banyaknya kebutuhan masyarakat, makin banyak pula produsen yang menghasilkan produk madu yang aspal alias asli tapi palsu.

Cara Mengetes Keaslian Madu

Untuk mengetahui asli atau tidaknya madu yang anda konsumsi sehari-hari, berikut ini beberapa cara mengetes keaslian madu yang dapat anda lakukan, yaitu:

  • Teteskan madu pada kertas. Jika madu terserap cepat, maka madu tersebut palsu karena kadar airnya terlalu tinggi.
  • Mengocok botol madu. Jika terlihat gelembung gas, maka madu tersebut asli dan begitu pula sebaliknya.
  • Tuang madu ke gelas yang berisi air. Jika madu menyebar dan pecah dengan air maka madu tersebut palsu. Sebab, madu yang asli akan langsung turun ke dasar gelas karena kandungannya sangat minim akan air.

Mengetes keaslian madu yang sudah disebutkan tadi adalah cara sederhana yang akurasinya tidak 100%, karena saat ini sangat banyak madu palsu yang telah diolah sedemikian rupa sehingga menyerupai madu yang asli. Untuk menjaga kualitas dari madu yang anda konsumsi, sebaiknya belilah madu dari toko atau produsen yang terpercaya. Selain itu, ujilah madu tersebut di laboratorium untuk memperoleh hasil tes yang akurat dan terperinci kandungan keaslian madu di dalamnya.

Anda suka dengan artikel Cara Mengetes Keaslian Madu ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Mengetes Isi Batu Akik. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Mengetes Keaslian Madu" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi.