Sekolah merupakan fasilitas pendidikan pokok yang harus dijalani oleh semua masyarakat di Indonesia. Seperti yang kita tahu, sekolah adalah tempat dimana pelajar melakukan aktivitas belajar sehari-hari. Selain untuk belajar, sekolah juga menjadi tempat yang sangat besar pengaruhnya terhadap tubuh kembang anak dalam bersosialisasi. Sama seperti tempat lainnya, sekolah merupakan tempat yang padat akan aktivitas seluruh penghuni sekolah, mulai dari guru, staf administrasi dan yang pasti para murid. Dengan demikian, kebutuhan akan energi khususnya energi listrik selalu diperlukan untuk mendukung seluruh kegiatan di sekolah.

Mengingat pemakaian energi listrik di sekolah terbilang cukup besar dan semakin hari ketersediaan energi makin menipis, dibutuhkan usaha untuk menghemat energi tersebut. Berikut ini cara yang bisa ditempuh untuk menghemat energi di sekolah, yaitu:

Cara Menghemat Energi Di Sekolah

  • Gunakan lampu yang hemat energi di semua ruangan,
  • Pilih cat bangunan sekolah yang berwarna terang supaya kegiatan belajar di siang hari bisa dilakukan dengan meminimalisir pemakaian lampu,
  • Memberi ventilasi yang cukup di setiap ruangan agar cahaya bisa masuk dan penggunaan alat pendingin ruangan bisa ditiadakan.

Selain itu, dengan meminimalisir pemakaian alat elektronik seperti komputer di sekolah juga sangat membantu penghematan energi listrik. Selain listrik, air juga merupakan salah satu energi yang harus dihemat agar ketersediaan air bersih selalu ada dan bermanfaat untuk keperluan lainnya. Dengan membiasakan selalu menutup keran air di toilet setelah digunakan serta memakainya sesuai dengan kebutuhan akan mampu menjaga dan memanfaatkan energy air secara maksimal.

Pada dasarnya, penghematan energi di sekolah sama saja dengan di tempat lainnya. Tapi perlu diingat bahwa semua cara menghemat energi di sekolah tidak akan berjalan lancar jika hanya dilakukan oleh sebagian kecil warga sekolah. Sebab, semua orang yang menjalani aktivitas di sekolah wajib menghemat seluruh energi yang ada. Dengan menempelkan poster hemat energi di setiap ruang kelas, ruang tata usaha, ruang guru dan sudut ruangan lainnya akan sangat bermanfaat untuk mengingatkan pentingnya pelaksanaan penghematan energy kepada seluruh warga sekolah.

Anda suka dengan artikel Cara Menghemat Energi Di Sekolah ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Mengetes Tenaga Dalam. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Menghemat Energi Di Sekolah" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi.