Sesuai dengan namanya, minyak bumi adalah minyak yang didapat dari lapisan bumi, tepatnya di kerak bumi. Warnanya gelap dan mempunyai sifat mudah terbakar, sehingga energi minyak bumi bisa dijadikan berbagai macam bahan bakar, diantaranya yaitu bensin, minyak tanah dan bahan bakar lainnya. Pemakaian bahan-bahan tersebut guna memenuhi kebutuhan rumah tangga, transportasi hingga perindustrian di seluruh dunia. Selain itu, masih banyak bahan turunan lainnya yang bisa dihasilkan dari minyak bumi dan digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Disamping manfaatnya yang beragam dalam memenuhi kebutuhan manusia, ternyata pemakaian energi minyak bumi yang berlebihan dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Selain itu, proses penggunaan minyak bumi yang termasuk dalam perubahan kimia membuat pelestariannya sangat sulit dilakukan. Dan lama kelamaan energi tersebut akan habis seiring dengan berjalannya waktu jika pemakaiannya tidak terkendali seperti saat ini. Satu-satunya yang bisa dilakukan untuk melestarikan energi minyak bumi adalah dengan meningkatkan kesadaran diri sendiri akan pentingnya pemanfaatan energi tersebut secara tepat.

Cara Menghemat Energi Minyak Bumi

Dengan kesadaran yang tinggi, setiap orang akan melakukan penghematan supaya energi bisa terus ada hingga masa yang akan datang. Cara menghemat energi minyak bumi itu sendiri diantaranya adalah:

  • Memanfaatkan fasilitas kendaraan umum untuk melakukan perjalanan,
  • Meminimalisir penggunaan kendaraan pribadi atau jika akan berpergian bersama keluarga cukup gunakan satu mobil saja agar lebih hemat bahan bakar,
  • Gunakan alat-alat yang mudah didaur ulang,
  • Berjalan kaki atau menggunakan sepeda jika berpergian dalam jarak dekat,
  • Mengeksplor energi lain yang dapat menggantikan minyak bumi.

Dengan melakukan beberapa hal sederhana dan mudah tadi, akan sangat membantu penghematan energi minyak bumi sehingga anak cucu kita di kemudian hari akan ikut merasakan betapa bergunanya hasil bumi tersebut. Dan bukan hanya itu, berbagai pencemaran lingkungan hingga tanda-tanda efek rumah kaca akan terkendali sehingga tidak menimbulkan bahaya yang fatal bagi kehidupan. Jadi dari sekarang tidak ada ruginya jika kita mulai melakukan cara-cara untuk menghemat energi minyak bumi demi kehidupan yang lebih baik bukan?

Anda suka dengan artikel Cara Menghemat Energi Minyak Bumi ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Cara Menghemat Energi Di Sekolah. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Cara Menghemat Energi Minyak Bumi" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi.