Mahasiswa semester akhir tentu sedang sibuk menggarap skripsi. Skripsi sendiri merupakan sebuah proposal dari hasil penelitian mahasiswa terhadap suatu hal. Membuat suatu proposan penelitian pasti membutuhkan judul. Judul dibuat untuk menarik minat pembaca atau pengoreksi proposal tersebut. Judul proposal penelitian harus menggunakan kalimat yang terinci agar pembaca bisa langsung tahu gambaran dari isi proposal penelitian yang Anda buat.

Judul proposal harus sesuai dengan bahan penelitian yang sudah ditentukan. Kesalahan dalam membuat judul yang sering dijumpai adalah:

Contoh Judul Proposal Penelitian

  1. Judul tidak sesuai isi proposal
  2. Judul terlalu singkat dan tidak rinci
  3. Judul menyimpang dari topik penelitian
  4. Judul terlalu panjang dan tidak mudah dimengerti

Salah membuat judul proposal bisa membuat Anda harus merevisi lagi dari awal. Untuk menghindari kesalahan-kesalahan dalam pembuatan judul proposal sebaiknya Anda berkonsultasi pada dosen pembimbing atau orang yang ahli pada bidangnya. Ingatlah untuk membuat judul sesuai dengan konteks dan isi proposal. Usahakan untuk membuat pembaca langsung mengerti apa yang Anda tulis dalam proposal hanya dengan membaca judulnya saja. Judul dengan kalimat yang panjang sangat diperbolehkan, tetapi jangan sampai malah membuat bingung orang yang membacanya.

Berikut ada beberapa contoh judul proposal penelitian yang dapat memberi gambaran tentang suatu judul yang tepat:

  • Upaya Pemeliharaan Tenaga Kerja Indonesia Di Luar Negeri Melalui Workshop Safe Indonesian Employee di Tahun 2014
  • Faktor-faktor Yang Menyebabkan Tenaga Kerja Indonesia Menjadi Terlantar di Negara Malaysia
  • Pengaruh Internet Pada Kegiatan dan Ekonomi Warga Desa Sukamaju Kabupaten Kediri

Contoh-contoh judul proposal penelitian diatas membahas permasalahan yang berbeda. Namun, semua memiliki kesamaan yaitu peneliti atau penulis proposal harus terjun langsung ke lapangan untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai permasalahan yang diangkat dalam proposal. Dalam contoh judul diatas menjelaskan perkara dan sumber penelitian sevara jelas. Gunakan huruf kapital pada setiap awal kata dalam penulisan judul. Jangan menggunakan singkatan-singkatan atau huruf kecil pada setiap awal kata dalam penulisan judul.

Anda suka dengan artikel Contoh Judul Proposal Penelitian ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Contoh-contoh Paragraf Deduktif – Induktif. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Contoh Judul Proposal Penelitian" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi.