Dalam mempelajari bahasa inggris kita tentunya harus membiasakan diri menulis paragraf  bahasa Inggris. Sama seperti paragraf bahasa indonesia, dalam bahasa inggris paragraf juga dikenal dalam berbagai jenis. Adapun jenis paragraf sederhana yang banyak kita temukan dalam bahasa inggris antara lain adalah paragraf deskriptive, narative, report, procedure, berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai masing-masing jenis paragraf:

  • Paragraf Deskriptif

Paragraf deskriptif adalah paragraf yang dibuat untuk menggambarkan sesuatu secara jelas dan senyata mungkin. Paragraf deskriptif bisa digunakan untuk menggambarkan orang, tempat dan benda secara partikular. Paragraf ini dibuat untuk memperkenalkan objek dengan menyajikan ciri-ciri khas mulai dari tampilan fisiknya, prilakunya, kualitas dan sifat-sifat yang dimilikinya. Dalam penyajiannya, paragraf deskriptif menggunakan simple present tense dan sifat penggambarannya spesifik.  Pada penyusunannya paragraf deskriptif menggunakan nouns tertentu dan berbagai adjective serta tak jarang menggunakan bahasa figuratif dalam melakukan penggambaran.

Contoh Paragraf Bahasa Inggris

  • Narative paragraph.

Paragraf naratif adalah paragraf yang digunakan untuk menyampaikan suatu cerita dengan berbasis pada alur waktu. Tujuan komunikatif dari paragraf ini adalah menghibur pembaca dengan sajian yang bertalian dengan pengalaman nyata ataupun khayalan dimana didalamnya terdapat konflik maupun penyelesaian. Pada paragraf naratif digunakan past tense, ciri lainnya adalah penggunaan time connectives dan konjungsi untuk mengurutkan setiap kejadian demi kejadian seperti then, and then, before that, after dan sebagainya.

  • Report Paragraph

Ciri umum dari report adalah menyampaikan suatu informasi sesuai dengan kenyataanya sebagai sebuah hasil pengamatan atau analisis. Struktur utama  dari paragraf ini adalah penggambaran tau pernyataan umum untuk menerangkan subjek atau objek laporan yang dilanjutkan dengan deskripsi hal yang dilaporkan.

  • Procedure Paragraph

Jenis  paragraf ini dibuat untuk menunjukan cara atau prosedur dalam melakukan sesuatu. Masing-masing dikemukakan dengan menyebutkan langkah-langkah tindakan yang disarankan untuk dilakukan. Pararaf ini biasanya diawali dengan tujuan kegiatan, hal-hal yang dibutuhkan kemudian dilanjutkan dengan tata cara atau langkah-langkah yang harus dilakukan. Paragrafini menggunakan pola kalimat imperative, action verbs dan connectives.

Anda suka dengan artikel Contoh Paragraf Bahasa Inggris ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Contoh Paragraf Akibat Sebab. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Contoh Paragraf Bahasa Inggris" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi. contoh paragraph bahasa inggris, contoh paragraf bahasa inggris, paragraf bahasa inggris, contoh paragrap Bahasa inggris, contoh paragraf tentang karakteristik seseorang dalam bahasa inggris, paragraf dalam bahasa inggris, contoh paragraf dalam bahasa inggris yang menggunakan artikel, Contoh paragraf dalam bahasa inggris, paragraf sederhana bahasa inggris, contoh sebuah paragraph cerita dalam bahasa inggris, Paragraf yang menggunakan connectives, jenis paragraf bahasa inggris dan contoh, contoh paragraph dalam bahasa inggris, artikel bahasa inggris paragraf, contoh paragraf sederhana bahasa inggris, Contoh jenis paragaph dalam bahasa inggris, bahasa Inggris buat Sebuah Paragraf Yang didalamnya menggunakan Simple Past Tense, procodure paragraph bahasa indonesia,