Paragraf campuran adalah paragraf yang awali oleh kalimat utama dan diakhiri dengan kalimat utama. Paragraf ini digunakan untuk menegaskan suatu pemikiran atau fakta. Tidak sulit untuk membuat sebuah paragraf campur. Untuk memulainya tentukan dulu pernyataan utama yang ingin dikemukakan, lalu lanjutkan dengan penjelasan dan tutup kembali peragraf dengan pernyataan yang serupa dengan kalimat pertama. Contoh dari paragraf campuran adalah sebagai berikut:

“Manusia pada hakikatnya adalah makhluk sosial. Manusia tidak bisa hidup sendiri dan selalu membutuhkan orang lain dalam setiap fase kehidupannya. Karena itu tak heran jika pada era modern seperti saat ini sekalipun manusia tetap melakukan aktifitas sosial melalui perangkat komunikasi yang dikembangkan seperti telepon genggam. Telepon genggam dengan beragam fasilitas yang dimilikinya berusaha memenuhi kebutuhan manusia untuk berinteraksi dengan sesamanya dan memenuhi kebutuhannya untuk berkomunikasi dengan individu lainnya. Semua ini karena memang manusia memiliki hakikat sebagai makhluk sosial”.

Contoh Paragraf Campuran

Kalimat utama dari paragraf tersebut menyatakan kalau pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial. Setelah pernyataan tersebt diawal kalimat, paragraf dilanjutkan dengan argumen-argumen atau fakta-fakta yang relevan mengenai pernyataan utama. Setelah penjelasan dikemukakan, paragraf ditutup kembali dengan kalimat pernyataan utama sebagai bentuk penegasan sehingga inti dari paragraf bisa jelas diterima oleh pembaca. Contoh lainnya adalah sebagai berikut:

“Gaya hidup sehat perlu digalakan untuk meningkatkan angka harapan hidup masyarakat Indonesia. Saat ini kebanyakan masyarakat kita menyukai gaya hidup instan yang sebenarnya kurang baikuntuk kesehatan kita. Gaya hidup serba cepat membuat kebanyakan orang mengkonsumsi makanan cepat saji atau bahan makanan instan yang tentu saja makanan-makanan seperti ini rendah nutrisi dan tak jarang tinggi akan kolesterol dan zat lain yang membahayakan kesehatan. Belum lagi kebanyakan masyarakat Indonesia masih memelihara kebiasaan merokok, padahal jelas-jelas merokok sangat membahayakan kesehatan. Selain itu hanya segelintir masyarakat kita yang secara rutin berolahraga dan mendapatkan waktu tidur malam yang cukup. Dengan gaya hidup yang sedemikian buruknya tak heran jika kondisi kesehatan masyarakat kita begitu buruk. Oleh karena itu gaya hidup sehat sangat perlu untuk digalakan guna meningkatkan angka harapan hidup orang Indonesia”.

Anda suka dengan artikel Contoh Paragraf Campuran ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Contoh Paragraf Bahasa Inggris. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Contoh Paragraf Campuran" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi.