Paragraf definisi merupakan jenis paragraf yang dimaksudkan untuk memberi pengertian akan sesuatu. Paragraf deskripsi sangat umum digunakan dalam suatu tulisan yang menggunakan objek atau istilah tertentu yang membutuhkan penjelasan terperinci mengenainya. Biasanya paragraf definisi diletakkan pada awal tulisan meski tidak menutup kemungkinan paragraf ini diletakkan pada bagian tengah atau bahkan akhir tulisan yang disusun tergantung pada bahasan yang diangkat.

Pada paragraf definisi digunakan kalimat pengembang, alimat pengembang ini bisa berupa deskripsi, terapan, ataupun penjelasan lain untuk membentuk suatu pengertian pada pembacanya. Dalam bahasa indonesia dikenal empat jenis definisi, yaitu definisi nominal, formal, operasional dan luas. Dalam mengembangkan paragraf definisi kita perlu mengetahui keempat bentuk definisi ini.  Definisi Nominal adalah definisi yang lazim digunakan pada kamus-kamus. Definisi ini dijelaskan dengan menggunakan sinonim atau padanan katanya, terjemahannya ataupun etimologi atau asal katanya.

Contoh Paragraf Definisi

Sedangkan definisi Formal adalah definisi yang dibuat dengan mengeluarkan klasifikasinya. Definisi Formal selalu terdiri dari dua bagian yaitu bagian yang didefinisikan dan bagian yang mendefinisikan. Jenis definisi berikutnya adalah definisi operasional yang merupakan suatu definisi yang didasarkan pada suatu sifat-sifat yang dapat diobservasi. Karena kaitannya dengan observasi dan analisis, definisi ini banyak digunakan dalam penelitian. Jenis definisi terakhir adalah definisi luas yang merupakan uraian terperinci yang disampaikan secara terstruktur. Jenis definisi ini digunakan untuk menjelaskan suatu konsepsi yang rumit yang tidak mungkin hanya dijelaskan dalam satu atau dua kalimat saja. Pada definisi jenis ini sangat mungkin penjelasan tidak hanya diberikan pada satu paragraf saja tapi juga pada paragraf lainnya secara keseluruhan.

Dalam pembuatan sebuah paragraf definisi, jenis definis yang banyak digunakan adalah definisi luas yang memungkinkan kita menjelaskan suatu hal dengan serinci-rincinya berdasarkan fakta pengertian  yang berkaitan dengan hal tersebut. Selain untuk menyempurnakan sebuah tulisan, paragraf definisi tulisan yang kita buat akan semakin mudah dicerna dan dipahami oleh pembaca dan meminimalisir terjadinya salah persepsi, dengan demikian informasi yang kita coba bagikan akan diterima secara efektif.

Anda suka dengan artikel Contoh Paragraf Definisi ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Contoh Paragraf Campuran. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Contoh Paragraf Definisi" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi.