Sebagai seorang pelajar dan mahasiswa, tentunya kita banyak dituntut untuk mempu menulis essay. Essay kerap kali dijadikan sebagai tugas sekolah atau bahkan bagian dari ujian. Dalam membuat essay yang bagus kita harus memperhatikan struktur penyusunannya. Dengan struktur yang tersusun dengan baik akan sangat mudah bagi pembaca mencerna isi essay kita.

Sebelum memulai menulis essay, kita bisa menyusun dahulu kerangka essay untuk mempermudah kita dalam menulis. Kadang kala orang kesulitan dalam menulis essay karena tidak mampu menulis lebih banyak sebab semua ide pokok sudah dituangkan pada paragraf pertama, dengan begitu orang tersebut sudah kehabisan ide untuk dituliskan. Sebelum memulai membuat kerangka pastikan dulu topik apa yang akan anda angkat, setelah itu tentukan sasaran atau tujuan essay tersebut sehingga jelas kemana topik essay akan diarahkan.

Contoh Paragraf Essay

Kerangka essay cukup sederhana saja. Misalnya sebagai berikut:

Judul

  • Peranan Internet di Era Globalisasi

Paragraf Pembuka

  • Latar Belakang

Definisi

  • Globalisasi dan Internet

Paragraf isi

  • Hubungan Globalisasi dengan Internet
  • Masyarakat dan Internet
  • Peranan Internet di masyarakat modern

Paragraf penutup

  • Kesimpulan

Setelah kerangka essay terbentuk, maka mulailah untuk mengembangkan setiap paragrafnya. Gunakan teknik pengembangan paragraf yang sudah dipelajari disekolah seperti pembuaan paragraf definisi, argumentasi, penggambaran dan sebagainya. Kadang kala ketika kegiatan menulis sudah dilakukan maka akan muncul ide atau gagasan lainnya. Masukkanlah ide baru tersebut untuk mengembangkan essay, dengan demikian akan terbentuk essay yang menarik.

Ketika menulis essay kita juga perlu untuk melakukan pencarian data dari buku atau internet sesuai dengan gagasan yang kita ingin sampaikan. Jika sumber yang digunakan adalah dari internet pastikan bahwa sumber tersebut bisa dipercaya. Dengan data-data yang kita dapat,kita bisa menyusun essay yang isinya bisa dipercaya. Kembangkan paragraf berdasarkan data-data yang didapat dan berikan penjelasan atau argumentasi yang kuat seputar data tersebut. Setelah penulisan badan essay selesai, tutup dengan paragraf kesimpulan. Buatlah kesimpulan berdasarkan gagasan-gagasan yang sudah dituliskan dengan seksama tanpa mengulang kalimat yang sudah ada.

Anda suka dengan artikel Contoh Paragraf Essay ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Contoh Paragraf Deskripsi. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Contoh Paragraf Essay" :