Paragraf perbandingan adalah sebuah paragraf yang didalamnya dikemukakan suatu perbandingan terhadap pikiran utama yang diusungnya. Perbandingan yang diajukan dalam sebuah paragraf haruslah serupa dan bersifat koheren. Pada paragraf perbandingan, topik yang diutamakan haruslah dijelaskan dengan membandingkannya dengan masalah lain yang bisa dihubungkan secara logis. Hal yang digunakan sebagai pembanding sebaiknya merupakan hal yang diketahui secara umum.

Contoh dari paragraf perbandingan antara lain adalah:

“Tahun ini bencana alam yang terjadi di awal tahun disebut-sebut lebih parah dari bencana alam di awal tahun sebelumnya. Bencana alam awal tahun yang biasa terjadi ditanah air kita ini tentunya disebabkan curah hujan tinggi pada musim penghujan. Menurut data dari badan statistik yang ada bencana awal tahun ini meningkat sebanyak 50% dari tahun lalu. Masih seperti tahun-tahun sebelumya bencana awal tahun ini yang paling banyak terjadi adalah longsor dan banjir”.

Contoh Paragraf Perbandingan

“Ketertiban dalam berkendara hendaknya semakin ditingkatkan, pasalnya jumlah korban jiwa akibat kecelakaan lalu lintas dari tahun ketahun tidaklah sedikit. Bahkan oleh WHO dinyatakan bahwa kecelakaan lalulintas adalah pembunuh nomor 3 terbesar didunia. Ya, kecelakaan lalu lintas memang sudah sangat banyak menelan korban tak hanya di Indonesia tapi diseluruh dunia. Data kepolisian RI mencatat pada tahun 2011 terjadi sebanyak 109.776 kasus kecelakaan, sedang pada tahun 2012 terjadi 117.949 kecelakaan. Sedang pada penghujung tahun 2013 jumlah kecelakaan yang terjadi memang menurun, menurut data yang berhasil dihimpun tercatat 93.578 kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi disepanjang tahun ini. Semoga para pengguna jalan semakin meningkatkan kewaspadaannya sehingga jumlah korban yang mati sia-sia akibat kecerobohan dijalan raya bisa terus berkurang”.

Fungsi perbandingan yang digunakan pada dua contoh diatas adalah menggunakan data-data konkrit yang sudah ada. Pada kedua contoh paragraf perbadingan diatas, perbandingan didasarkan pada kejadian serupa yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya, dengan demikian pembaca bisa mendeterminasikan seberapa parah kondisi yang sedang dikemukakan dalam tulisan, dengan demikian sasaran dan tujuan penulis menuliskan informasi tersebut bisa tersampaikan.

Anda suka dengan artikel Contoh Paragraf Perbandingan ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Contoh Paragraf Generalisasi. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Contoh Paragraf Perbandingan" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi.