Percakapan memiliki istilah lain yakni dialog, diartikan sebagai tindakan saling bertukar pendapat (bicara) antar dua orang atau lebih. Percakapan bahasa Indonesia diperlukan untuk mengetahui sejauh mana penguasaan bahasa Indonesia pada diri seseorang. Bahasa yang lancar harus diungkapkan secara benar dengan bahasa yang mudah dipahami. Percakapan juga bertujuan untuk mengasah kemampuan pengungkapan pikiran pada setiap orang, kemampuan mengungkapkan emosi dan buah pikiran.

Percakapan bahasa Indonesia tentunya sangat penting, sebab kemampuan berbicara merupakan nilai lebih pada seseorang. Seseorang yang mampu berkomunikasi dengan baik akan mempengaruhi mental seseorang menjadi lebih berani. Karena terhindar dari rasa takut untuk berbicara dan menunjukkan kepribadiannya. Dalam bahasa Indonesia terdapat point penting dalam percakapan:

Contoh Percakapan Bahasa Indonesia

  1. Ada masalah yang menjadi pokok percakapan
  2. Ada lawan bicara untuk bisa saling berbicara
  3. Menggunakan bahasa yang susunanya baik dan benar agar tidak bermakna ambigu
  4. Bahasa disampaikan secara lugas, sehingga tidak terkesan cadel dan gugup

Kemampuan percakapan penting untuk selalu diasah, agar kreatifitas seseorang juga akan meningkat dengan seringnya berdialog. Percakapan sendiri dapat terjadi dalam dua situasi, yaitu:

  1. Situasi Formal (resmi), dan
  2. Situasi Nonformal (santai)

Saat menghadapi situasi formal seperti wawancara kerja, presentasi makalah, maupun penyampaian informasi penting kepada atasan tentunya menggunakan rangkaian kata-kata yang baku. Sebaliknya untuk situasi nonformal, baik saat bercakap-cakap dengan teman maupun keluarga tentunya disesuaikan dengan bahasa keseharian. Sebab Indonesia sendiri setiap daerah memiliki dialek yang berbeda-beda, penyebutan istilah yang berbeda pula. Sehingga percakapan sangat fleksibel, menyesuaikan dengan situasi yang dihadapi saat mengharuskan berbicara.

Percakapan berhubungan dengan perbendaharaan kata yang dimiliki oleh seseorang, semakin banyak kata yang dikuasai maka semakin terampil dalam berbicara. Semakin luas pengetahuan seseorang juga akan semakin berkualitas isi percakapan yang diungkapkan, sehingga asah kemampuan percakapan dengan rajin menjelajahi jendela dunia (buku). Berikut langkah untuk lebih ahli berbicara:

  1. Mendengarkan radio
  2. Sering berkomunikasi dengan orang lain
  3. Menonton acara talk show maupun acara berita nasional di televisi

Banyak hal sepele yang akan mengasah kemampuan percakapan seseorang, bahkan bisa didapatkan secara otodidak lewat radio maupun televisi.

Anda suka dengan artikel Contoh Percakapan Bahasa Indonesia ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Contoh Penelitian Eksperimen. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Contoh Percakapan Bahasa Indonesia" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi.