Diskriminasi dan ketidakadilan gender telah lama mendorong seruan emansipasi dari kalangan wanita. Dengan segenap perjuangan, kini wanita Indonesia bisa merasakan kesetaraan gender dalam berbagai bidang kehidupan.  Salah satu tokoh yang dikenal memiliki andil besar dalam usaha memperjuangkan emansipasi wanita adalah R.A Kartini. Bahkan hari lahirnya diperingati secara khusus untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan emansipasi wanita. Tak heran jika untuk memaknai hari tersebut dilakukan berbagai kegiatan yang dimaksudkan untuk mengingat setiap langkah perjuangan pahlwan wanita dari masa ke masa.

Selain R.A Kartini tersebut juga sejumlah pahlawan wanita besar lainnya yang juga mendorong terwujudnya emansipasi di negeri kita Indonesia. Tokoh perempuan lainnya yang banyak memberikan sumbangsih besar  pada kesetaraan gender nasional kita antara lain adalah Cut Nyak Dien dan Cut Mutia, pahlawan wanita dari tanah Aceh, Martha Christina Tiahahu yang ikut memperjuangkan kemerdekaan di kawasan Indonesia Timur, tepatnya Maluku dan Emmi Saelan seorang pejuang wanita yang gigih membela tanah air dari pendudukan penjajah di Sulawesi Selatan. Tentunya masih banyak deratan nama lainnya yang telah berjasa dalam menunjukkan kegigihan dan potensi yang dimiliki oleh kaum wanita Indonesia.

Contoh Pidato Emansipasi Wanita

Kita sebagi wanita patut bersyukur dengan sejumlah peraturan perundang-udangan yang memberikan kita jaminan perlindungan hak asasi manusia dalam segala aspek kehidupan. Kita tidak lagi merasakan kebudayaan patriarki yang begitu kental mewarnai adat istiadat kita. Kini wanita dan pria memiliki hak yang sama dan setiap wanita memiliki kesempatan yang sama dalam berbagai sektor kehidupan. Dengan kesetaraan yang ada kini setiap wanita bisa mengenyam pendidikan dan memilih profesi yang diidam-idamkannya.

Sudah begitu banyak kemudahan yang kita dapatkan sebagai seorang wanita Indonesia di zaman ini. Kini kita tak usah ikut mengangkat senjata, atau bergerilya untuk mendapatkan pengetahuan. Dengan kemerdekaan yang kita miliki, kehidupan perempuan indonesia jauh lebih baik daripada kehidupan kaum perempuan di beberapa negara lain yang masih terdiskriminasi dan dipandang sebelah mata. Sekarang sebagai wanita modern, sudah sepatutnya kita tidak menyia-nyiakan kesempatan yang kita miliki untuk mengembangkan diri dan berusaha sebaik-baiknya menggunakan setiap kemampuan yang kita punya untuk ikut membangun negeri kita tercinta.

Anda suka dengan artikel Contoh Pidato Emansipasi Wanita ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Contoh Pidato Eksposisi Tentang Politik. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Contoh Pidato Emansipasi Wanita" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi.