Era globalisasi merupakan suatu era baru yang ditandai dengan kemajuan teknologi serta moderninasi cara hidup masyarakat. Modernisasi merupakan suatu kondisi dimana cara hidup suatu masyarakat berubah dari cara-carA yang tradisional dan konvensional menjadi lebih modern dan maju. Kemajuan ini tentunya tak lepas dari peranan teknologi yang terus berkembang. Dengan perkembangan taknologi yang begitu pesat, arus perputaran informasi semakin cepat dan dinding pembatas antara masyarakat satu dengan masyarakat lainnya tidak lagi terlihat. Kini setiap orang bisa mendapatkan informasi dari belahan dunia lainnya tanpa terbatas tempat ataupun waktu.

Era Globalisasi telah banyak mempengaruhi kehidupan masyarakat modern serta membawa banyak perubahan. Perubahan yang positif tentunya banyak mendukung perkembangan bangsa dalam berbagai bidang sektor yang ada didalamnya. Dalam bidang pendidikan, globalisasi memungkinkan mereka yang haus akan pendidikan memperoleh pengetahuan yang jumlahnya begitu banyak dan tanpa batas. Informasi pengetahuan ini tentu saja datang dari berbagai belahan dunia dan dapat diakses dengan mudahnya melalui teknologi Internet. Dalam bidang ekonomi pun globalisasi membawa dampak yang positif, globalisasi membuat kita bisa ikut berpartisipasi dalam pasar dunia dan meningkatkan kerjasama industri antara Indonesia dengan bangsa lainnya.

Contoh Pidato Era Globalisasi

Masih banyak nilai-nilai positif yang dibawa oleh arus globalisasi yang bisa memajukan masyarakat Indonesia. Namun sebagai bangsa yang sarat akan nilai budaya dan memiliki identitas nasional, sepatutnya kita secara bijaksana menyaring setiap nilai yang datang dari luar agar tidak menimbulkan krisis nasionalisme dan menciderai identitas sejati kita sebagai orang Indonesia. Era globalisasi bisa menjadi suatu pendorong pembangunan tapi juga bisa menghancurkan suatu bangsa jika masyarakatnya tidak waspada terhadap setiap perubahan yang terjadi dan tidak siap menghadapi tantangan global.

Penting bagi kita untuk mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan yang ada namun kita juga harus terus meningkatkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air agar adat budaya kita yang begitu kaya tidak begitu saja tergerus dengan arus globalisasi yang mengalir dengan begitu derasnya. Jangan sampai identitas nasional yang selama ini kita perjuangkan hilang ditelan oleh arusĀ  modernisasi dan globalisasi. Dengan begitu, seiring dengan kemajuan negara ini, bangsa kita tetap memiliki nilai-nilai yang membedakan kita dengan bangsa lain.

Anda suka dengan artikel Contoh Pidato Era Globalisasi ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Contoh Pidato Emansipasi Wanita. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Contoh Pidato Era Globalisasi" :