Indonesia dikenal dengan budaya ketimurannya yang begitu ramah. Tak hanya itu, masyarakat Indonesia juga dikenal suka membantu dan bahu membahu. Salah satu bukti dariĀ  kebiasaan saling membantu yang dimiliki orang Indonesia adalah adanya budaya gotong royong. Sejak dahulu kebiasaan gotong royong sudah menjadi bagian dari masyarakat indonesia, gotong royong ini tercermin dari serangkaian kegiatan kerja bakti yang dilakukan oleh setiap anggota masyarakat Indonesia dilingkungannya.

Budaya gotong royong kaya akan nilai-nilai positif yang sudah semestinya terus dilestarikan. Melalui budaya gotong royong kita bisa meningkatkan rasa persaudaraan antar individu dalam suatu lingkungan masyarakat. Sikap gotong royong berkembang karena adanya interaksi sosial dan rasa empati dari manusia satu dengan manusia lainnya untuk meringankan beban yang ditanggung oleh manusia lain. Dengan bergotong royong banyak masalah yang berat menjadi mudah diselesaikan, dengan gotong royong beragam konflik sosial dapat dihentikan. Budaya gotong royong jelas merupakan kunci perdamaian bagi masyarakat Indonesia yang heterogen karena terdiri dari berbagai suku, agama, dan ras yang berbeda.

Contoh Pidato Gotong Royong

Sayangnya, seiring dengan berkembangnya zaman, budaya gotong royong masyarakat Indonesia seolah sedikit demi sedikit menghilang. Kini, kebanyakan orang disibukkan dengan urusan pribadinya sehingga tidak memiliki waktu untuk bersosialisasi serta untuk memperhatikan kepentingan sosial masyarakat. Gaya hidup individualis kini banyak diadopsi oleh masyarakat Indonesia, padahal individualisme bukanlah nilai-nilai asli yang dikembangkan dari masyarakat kita.

Perkembangan zaman sudah sepatutnya kita sikapi dengan bijaksana. Bagaimanapun perkembangan zaman ke era yang modern ini banyak membawa kebaikan dan juga secara signifikan mendorong peningkatan kualitas kehidupan kita dalam berbangsa dan bernegara. Banyak perubahan yang terjadi membawa dampak positif bagi masyarakat Indonesia. Namun demikian, sebagai bangsa besar yang berbudaya, sudah sepatutnya kita melestarikan budaya salah satunya budaya gotong royong sebagai salah satu karakteristik bangsa yang beradab yang telah kita miliki sejak zaman nenek moyang kita. Jangan biarkan kemajuan zaman menggerus nilai-nilai yang sudah kita miliki sejak dahulu dan melunturkan adat budaya yang menjadi pembeda antara bangsa kita dengan bangsa lainnya.

Anda suka dengan artikel Contoh Pidato Gotong Royong ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Contoh Pidato Era Globalisasi. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Contoh Pidato Gotong Royong" :