Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki sejarah kemerdekaan yang panjang dan berliku. Dalam sejarah tertorehkan masa penjajahan lebih dari 3 abad, dalam pendudukan bangsa Belanda. Kemudian berlanjut masa pendudukan Jepang, selama 3,5 tahun. Selama berjuang meraih kemerdekaan tentunya telah banyak peristiwa penting yang diabadikan dan dikenang oleh penduduk Indonesia. Perjuangan tersebut tidak hanya sebatas perjuangan para tokoh yang terkenal dan tercantum namanya secara jelas dalam buku sejarah. Perjuangan tersebut hakikatnya juga merupakan perjuangan seluruh rakyat, dari berbagai elemen masyarakat.

Mengingat betapa beratnya kemerdekaan dapat diraih, tentunya saat akan berpidato mengenai hari besar nasional. Patut mengingat-ingat mengenai sejarah bangsa Indonesia, dengan mengingat tersebut maka akan lebih mampu mengungkapkan secara jelas dan lengkap betapa besarnya sejarah bangsa Indonesia hingga seperti sekarang. Tidak hanya sekedar hari biasa, yang diawalai matahari terbit dan terbenam begitu saja. Indonesia memiliki begitu banyak hari besar, setiap hari besar ini menghiasi setiap pergantian bulan setiap tahunnya.

Contoh Pidato Hari Besar Nasional

Sebagai contoh, beberapa peristiwa penting yang dijadikan hari besar nasional pada bulan Maret:

  1. Tanggal 1: Peristiwa Serangan Umum di Yogyakarta
  2. Tanggal 6: hari Ulang tahun Kostrad
  3. Tanggal 9: Hari Wanita Indonesia
  4. Tanggal 11: Hari Supersemar
  5. Tanggal 18: Hari Arsitektur Indonesia
  6. Tanggal 24: Hari Bandung Lautan Api

Hari besar nasional tersebut baru yang ada di bulan Maret, padahal setiap bulan pasti ada hari besar nasional yang saling bergantian. Setiap hari besar tidak hanya seputar sejarah kemerdekaan Indonesia melawan penjajah, ada pula hari bersejarah mengenai perjuangan organisasi dan berdirinya lembaga besar di Indonesia.

Beragamnya hari besar nasional merupakan salah satu bukti apresiasi masyarakat terhadap catatan sejarah bangsa. Hal ini akan menjadikan motivasi bagi penerus bangsa agar senantiasa berusaha mengisi kemerdekaan dengan hal positif. Serta mendukung adanya perjuangan untuk terus membenahi keadaan bangsa, sehingga ke depan Indonesia bisa dikenal luas di kancah internasional sebagai negara besar. Negara besar salah satunya dibuktikan dengan penghargaan yang besar terhadap perjuangan pahlawan dan beragamnya kebudayaan.

Anda suka dengan artikel Contoh Pidato Hari Besar Nasional ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Contoh Pidato Guruku Pahlawanku. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Contoh Pidato Hari Besar Nasional" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi.