Biologi berasal dari bahasa Yunani, bios dan logia. Bios berarti kehidupan, sedangkan logia artinya hidup. Jadi jika diartikan secara harfiah, biologi mengandung esensi makna ilmu kehidupan. Pengertian biologi lebih lengkapnya adalah suatu ilmu alam yang mempelajari tentang kehidupan dan mahkluk hidup. Biologi ini sangat penting sebagai ilmu yang akan mengkaji masalah-masalah seputar mahkluk hidup. Mahkluk hidup yang dikaji pun tidak hanya manusia, tetapi juga hewan, tumbuhan, organisme mikroskopis seperti bakteri, virus, dll. Pembahasan hal-hal tersebut dalam biologi juga secara mendetail dan menyeluruh.

Dalam perkembangan ilmu pengetahuan, suatu penelitian haruslah dilakukan. Penilitian bertujuan untuk membuktikan kembali sesuatu yang sudah ada, atau mungkin juga menemukan sesuatu hal yang baru dari hipotesa yang ada. Dalam suatu penelitian, pastilah dibutuhkan adanya tahap persiapan terlebih dahulu. Tahap persiapan sebelum dilakukannya penelitian adalah mencari latar belakang, tujuan, manfaat,  merancang rumusan masalah, menyusun hipotesa atau dugaan sementara, baru kemudian dilakukan penelitian. Setelah penelitian, seorang peneliti akan mendapatkan data, dimana data ini selanjutnya akan diolah dan dianalisis untuk dibahas hasilnya apakah sesuai dengan hipotesa ataukah tidak.

Contoh Rumusan Masalah Biologi

Adanya suatu rumusan masalah penting dalam suatu penelitian. Rumusan masalah akan membantu kita dalam meneliti, agar terfokus dengan apa yang akan diteliti. Bayangkan saja, jika kita tidak menyusun rumusan masalah, mungkin kita akan mengamati terlalu banyak hal yang meluas, padahal hanya beberapa hal saja yang perlu diamati. Hipotesa disusun untuk memperkirakan hasil atau data yang akan di dapat. Tujuan penelitian adalah menguji hipotesa ini. Jika hasilnya sesuai, maka hipotesa diterima, sedangkan jika tidak sesuai berarti hipotesa ditolak.

Rumusan masalah dapat disusun dengan menggunakan pedoman 5W 1H. 5W 1H sering dijadikan pedoman dalam menyusun pertanyaan maupun rumusan masalah. 5W 1H terdiri dari who, when, where, what, why, dan how. Berikut beberapa contoh rumusan masalah dalam biologi:

  1. Bagaimana pengaruh pupuk terhadap laju pertumbuhan bibit kedelai?
  2. Apa saja yang mempengaruhi laju pertumbuhan pada bibit kedelai?
  3. Kapan pertumbuhan bibit terjadi paling cepat? Pagi hari, siang hari, atau malam hari?

Anda suka dengan artikel Contoh Rumusan Masalah Biologi ini?! Jangan lupa share ya ... Baca juga tentang Contoh Ruang Lingkup Makalah. Semoga bermanfaat...

plusone  twitter  facebook Share

Baca juga Artikel Terkait "Contoh Rumusan Masalah Biologi" :

Ditulis dalam Kategori Ensiklopedi.